...(GUNAKAN TTD ASLI UKAN SCAN/SCAN FULL SATU LEMBAR PADA PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Implementasi Pembelajaran Al Qur’an Melalui metode Ummi di MTS YPI Panjeng Jenangan.

Hidayah, Ana Lailatul (2023) ...(GUNAKAN TTD ASLI UKAN SCAN/SCAN FULL SATU LEMBAR PADA PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Implementasi Pembelajaran Al Qur’an Melalui metode Ummi di MTS YPI Panjeng Jenangan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190022 _ANA LAILATUL HIDAYAH_PAI .pdf

Download (2MB)

Abstract

Ana lailatul Hidayah. 2023. Implementasi Pembelajaran Al Qur’an Melalui
metode Ummi di MTS YPI Panjeng Jenangan. Skripsi Jurusan Pendidikan
Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Erwin Yudi Prahara, M.Ag.
Kata Kunci: pembelajaran Al – Qur’an melalui Metode Ummi
Pembelajaran Al-Qur’an adalah suatu bentuk pengembangan, pengajaran,
pemanfaatan, pengelolaan dan evaluasi dari kegiatan belajar mengajar yang
bersumber dari Al-Qur’an secara keseluruhan. Salah satu pembelajaran yang
diterapkan di MTS YPI Panjeng adalah Pembelajaran Al Qur’an melalui metode
Ummi. Pentingnya pembelajaran Al Qur’an melalui metode Ummi adalah peserta
didik dapat belajar Al Qur’an dengan benar dan juga mudah dalam penguasaan
tahsin dan hafalan qur’an.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan tentang Perencanaan
Pembelajaran Al Qur’an melalui Metode Ummi di MTS YPI Panjeng Jenangan
Ponorogo, (2) Menjelaskan tentang pelaksanaan Pembelajaran Al Qur’an melalui
Metode Ummi di MTS YPI Panjeng Jenangan Ponorogo dan (3) Menjelaskan
Evaluasi Pembelajaran Al Qur’an melalui Metode Ummi di MTS YPI Panjeng
Jenangan Ponorogo
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan
jenis studi kasus bersifat analisis deskriptif. Penelitian dilakukan di MTS YPI
Panjeng Jenangan Ponorogo dengan subjek informan guru Ummi , koordinator guru
Ummi dan siswa kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi
data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi.
Dalam penelitian ini memperoleh kesimpulan. (1) Perencanaan
pembelajaran metode Ummi di MTS YPI Panjeng yang pertama perencanaan
menyeleksi siswa, kemudiaan guru menentukan hari, menyiapkan materi dan
metode yang akan digunakan dalam pembelajaran dan yang terakhir yaitu target
dalam pembelajaran Ummi tersebut. (2) Pelaksanaan pembelajaran yaitu sesuai
dengan waktu yang telah di tentukan, pembagian kelompok mempelajari materi
yang akan disampaikan setelah itu baru memulai sesuai dengan prosedur yang telah
ditentukan oleh Ummi foundation yang pertama pembuka, apersepsi, penanaman
konsep, pemahaman konsep, ketrampilan, evaluasi, yang terakhir penutup dengan
doa kemudian diberi motivasi dan salam , (3) Evaluasi pembelajaran digunakan
untuk mengukur keberhasilan siswa yaitu dengan cara evaluasi harian, evaluasi
kenaikan jilid, dan terakhir munaqasyah

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2023 01:15
Last Modified: 20 Jun 2023 01:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24905

Actions (login required)

View Item View Item