Pendidikan Karakter pada Peserta Didik Kelas V SDN Koripan Bungkal Ponorogo

Setyowati, Putri (2023) Pendidikan Karakter pada Peserta Didik Kelas V SDN Koripan Bungkal Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190287_PUTRI SETYOWATI_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Setyowati, Putri. 2023. Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Kelas V SDN Koripan Bungkal Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Hj. Elfi Yuliani Rochmah, M.Pd.I.

Kata Kunci : Pendidik, Karakter, Peserta didik.
Pendidikan karakter mampu untuk merubah generasi muda menjadi generasi yang lebih baik, bagi dirinya sendiri maupun lingkungannya. merupakan bagian penting dalam sebuah proses pendidikan. Berdasarkan penelitian awal yang dilakukan pada kelas 5 SDN Koripan Ponorogo, ditemukan bahwa cukup banyak siswa di SDN Koripan, yang masih melakukan pelanggaran aturan sekolah yang mencerminkan minimnya nilai-nilai karakter yang tertanam dalam diri siswa. Dari latar belakang yang telah dipaparkan di atas penelitian ini menjadi penting untuk dilakukan, maka penulis mengadakan penelitian ini.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mendeskripsikan pendidikan karakter peserta didik di SDN Koripan Bungkal Ponorogo.2) Untuk menjelaskan dampak pendidikan karakter peserta didik di SDN Koripan Bungkal Ponorogo.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif Dalam penelitian kualitatif biasanya peneliti menggunakan pendekatan naturalistik untuk memahami suatu fenomena tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan langkah kondensasi data, kemudian penyajian data, selanjutnya melakukan verifikasi atau kesimpulan
Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa 1) Pendidikan karakter pada peserta didik kelas V di SDN Koripan Bungkal Ponorogo berkembang dengan baik. Kegiatan yang dilakukan melalui melalui kegiatan sholat berjamaah, pembiasaan BTQ, penanaman budaya sopan santun. Hal tersebut termasuk dalam pendidikan karakter pada nilai religius. Kemudian budaya tidak pilih-pilih teman pada peserta didik kelas V mampu menunjukkan sikap pendidikan karakter pada nilai toleransi. Selanjutnya kemandirian dalam mengerjakan tugas di rumah. Baik berupa tugas individu maupun kelompok dapat dilakukan peserta didik dengan baik. Tanggung jawab yang dilakukan dalam menjalankan tugas tergolong pendidikan karakter pada nilai kemandirian. Hal tersebut sesuai dengan teori yang dijelaskan diatas mengenai pendidikan karakter peserta didik pada nilai religius, toleransi, dan sikap kemandirian. Dengan kegiatan yang dilaksanakan secara rutin dan terjadwal. Maka sebiasa mungkin guru menjalankan kegiatan seperti sholat berjamaah, rutin melaksanakan pelajaran BTQ, menerapkan 5S, dan memberikn hukuman bagi peserta didik yang melanggar sedini mungkin serta secara rutin, dan bersama-sama. 2) Dampak pendidikan karakter pada peserta didik kelas V di SDN Koripan ini membawa dampak positif. Peserta didik menjadi lebih tertanam karakternya. Peserta didik jadi memiliki ritunitas sholat berjamaah, usaha memperbaiki bacaan dan tulisan Al-Quran serta budaya sopan, santun, memberi dan menjawab salam. Hal tersebut Memiliki karakter yang bisa menjadi benteng dalam perilaku negatif. Melalui tugas di rumah secara mandiri maupun berkelompok menjadikan peserta didik menjadi individu yang maju dan menjadi pribadi yang bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Elfi Yuliani Rochmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2023 01:11
Last Modified: 20 Jun 2023 01:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24897

Actions (login required)

View Item View Item