UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA MELALUI MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 1 BATURETNO WONOGIRI

Nurhuda, Faris Sukarmaji Futuh (2023) UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA MELALUI MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 1 BATURETNO WONOGIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
208190018_FARIS SUKARMAJI FUTUH NURHUDA_TIPS.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurhuda, Faris Sukarmaji Futuh. 2023. Upaya Guru dalam Mengembangkan Keterampilan
Sosial Melalui Pelajaran IPS di SMPN 1 Baturetno Wonogiri. Skripsi. Jurusan Tadris
Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam
Negeri Ponorogo. Pembimbing : Dr. M. Syafiq Humaisi, M. Pd.
Kata Kunci : Upaya guru, Keterampilan sosial, Pembelajaran IPS
Pada dasarnya manusia sebagai makhluk sosial, manusia harus memiliki dan menguasai
keterampilan sosial sebagai bentuk penyesuaian diri terhadap lingkungan sekitar yang harus di
tanamkan dan dikembangkan sejak dini melalui berbagai jenjang pendidikan. Namun pada
fakta di lapangan ketika peneliti melakukan kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi di
SMP Negeri 1 Baturetno Wonogiri. Peneliti mendapati sikap siswa yang menunjukkan
kurangnya keterampilan sosial Hal ini dapat dilihat dari proses kegiatan pembelajaran IPS di
kelas siswa terlihat lebih individualis, kurang peka terhadap lingkungan sekitar, kurangnya rasa
empati antar sesama teman, kurangnya keterampilan bekerja sama, dan kesadaran akan
tanggung jawab sosial. Maka dari itu untuk menanamkan dan mengembangkan keterampilan
sosial siswa diperlukan upaya guru melalui pelajaran IPS.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan mendeskripsikan upaya guru dalam
menciptakan suasana belajar yang menyenangkan untuk mengembangkan keterampilan sosial
siswa melalui mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Baturetno Wonogiri. (2) mengetahui dan
mendeskripsikan faktor penghambat guru dalam mengembangkan keterampilan social siswa
melalui mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Baturetno Wonogiri. (3) mengetahui dan
mendeskripsikan dampak upaya guru dalam mengembangkan keterampilan social siswa
melalui mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Baturetno Wonogiri.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini menggunakan rancangan model
penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilaksanakan di SMP Negeri 1 Baturetno
Wonogiri dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan secara
berulang. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis data Miles,
Huberman dan Saldana deskriptif yang mencakup kata-kata dan kalimat informan narasumber
dan tindakan dari objek penelitian. Teknik pengecekan keabsahan data pada penelitian ini
menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa: (1) Upaya guru dalam menciptakan
suasana pembelajaran yang menyenangkan untuk mengembangkan keterampilan sosial melalui
mata pelajaran IPS di SMPN Baturetno Wonogiri terdapat tiga upaya yaitu: pertama,
mempelajari materi pada buku IPS kelas 7 dan mengaitkannya dengan lingkungan sekitar.
Kedua, memberikan tugas yang berkaitan dengan pengembangan keterampilan sosial siswa.
Ketiga, menerapkan model pembelajaran kooperatif untuk melatih dan membiasakan siswa
berinteraksi, komunikasi, dan berkerja sama. (2) Faktor penghambat dalam mengembangkan
keterampilan sosial siswa di SMPN 1 Baturetno Wonogiri adalah factor kondisi siswa dan
interaksi siswa dengan lingkungannya. (3) Dampak upaya guru dalam mengembangkan
keterampilan sosial siswa melalui mata pelajaran IPS di SMPN 1 Baturetno yaitu: adanya
perubahan sikap siswa lebih terbuka, munculnya sikap empati siswa, dan keterampilan bekerja
sama dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammmad Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2023 01:10
Last Modified: 20 Jun 2023 01:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24892

Actions (login required)

View Item View Item