Kepempimpinan Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Program Full Day School di SMP Negeri 2 Jetis Ponorogo

Rosyida, Fatia Ainur (2023) Kepempimpinan Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Program Full Day School di SMP Negeri 2 Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190140_FATIA AINUR ROSYIDA_MPI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Rosyida, Fatia Ainur. 2023. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Program Full Day School di SMP Negeri 2 Jetis Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Aris Nurbawani, M.M.
Kata Kunci : Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Full Day School
Pendidikan telah mampu memberikan perkembangan yang luar biasa terhadap manusia, baik dari segi akademik maupun karakter. Namun faktanya kualitas lembaga pendidikan di Indonesia masih rendah. Menurut hasil survei mengenai sistem pendidikan menengah di dunia pada tahun 2018 yang dikeluarkan oleh PISA (Programme for International Student Assesment) pada tahun 2019 lalu, Indonesia menempati posisi yang rendah yakni ke-74 dari 79 negara lainnya dalam survei. Oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut maka perlu meningkatkan kualitas pendidikan, salah satunya adalah dengan melakukan peningkatan terhadap aspek kepemimpinan kepala sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menganalisis peran kepemimpinan Kepala Sekolah dalam pelaksanaan program full day school di SMP Negeri 2 Jetis Ponorogo, (2) mendeskripsikan dan menganalisis gaya kepemimpinan Kepala Sekolah dalam pelaksanaan program full day school di SMP Negeri 2 Jetis Ponorogo, (3) mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan Kepala Sekolah dalam pelaksanaan program full day school di SMP Negeri 2 Jetis Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan tiga tahap yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi sumber dan triangulasi teori.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peran kepemimpinan Kepala Sekolah dalam pelaksanaan program full day school di SMP Negeri 2 Jetis Ponorogo yaitu terdiri dari 7 peran kepemimpinan, yaitu educator, manajer (perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan), administrator, supervisor, leader, inovator, motivator. (2) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam pelaksanaan program full day school di SMP Negeri 2 Jetis Ponorogo yaitu demokratis yang dibuktikan dengan beberapa bentuk penerapan kegiatan, yaitu melakukan diskusi bersama tim manajemen untuk membuat keputusan, membuat kebijakan sekolah lima hari dalam rapat koordinasi dengan melibatkan guru, tenaga kependidikan dan staf karyawan, berjabat tangan dan menanyakan kabar kepada guru dan tenaga kependidikan sebelum pembelajaran dimulai, menugaskan Waka Humas untuk menyampaikan informasi libur sekolah di grup whatsapp orang tua/wali, koordinasi dengan GTK dan tim manajemen sekolah melalui grup WhatsApp, mengawasi pembina pramuka dalam memberi materi dan pelatihan terhadap siswa, memantau anggota dalam mengikuti kegiatan sholat ashar berjama’ah dan memberi feedback terhadap usulan dari Bapak/Ibu Guru dalam rapat koordinasi. (3) faktor pendukung kepemimpinan Kepala Sekolah dalam pelaksanaan program full day school di SMP Negeri 2 Jetis Ponorogo adalah Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Jetis memiliki komunikasi yang baik, memiliki tanggung jawab pada setiap kegiatan, memiliki kerja sama yang baik dengan komite sekolah, adanya kesadaran guru dan tenaga kependidikan dalam menjalankan tugas. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu terjadinya miskomunikasi antara Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Jetis Ponorogo dengan guru, pengawasan kepala sekolah terhadap karakter siswa kurang maksimal, minimnya jumlah LCD sebagai media pembelajaran elektronik oleh Bapak/Ibu Guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aris Nurbawani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2023 01:28
Last Modified: 20 Jun 2023 01:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24878

Actions (login required)

View Item View Item