Choirunnisa, Alfiarani (2023) ...(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UNDUH FORM DI WEB PERPUS, UPLOAD ULANG)...PERAN GURU IPS DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR DI ERA GLOBALISASI SISWA KELAS VIII SMPN 01 MAOSPATI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
Skripsi 208190040 Alfiarani Choirunnisa.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Choirunnisa, Alfiarani 2023. Peran Guru Ips Dalam Menumbuhkan Karakter CintaTanah
Air Di Era Globalisasi Pada Siswa Kelas VIII Smpn 01 Maospati.
SKRIPSI,Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing
Muhammad Widda Djuhan, M. Si.
Kata Kunci : Karakter Cinta Tanah Air.
Pendidikan merupakan unsur yang paling penting bagi kemajuan peradaban bangsa.
Era globalisasi membawa dampak terhadap proses pendidikan terutama di Indonesia.
Seperti lunturnya cinta tanah air indonesia dalam bentuk mentalitas yang terlalu
mengagungkan teknologi di atas segalanya. Sehingga perlu adanya pendidikan cinta tanah
air yang harus ditanamkan kepada generasi muda, terutama mulai dari jenjang sekolah
menengah.
Penelitian ini bertujuan untuk :(1) mengungkap strategi menumbuhkan karakter cinta
tanah air bagi siswa smp 01 maospati (2) mendeskripsikan faktorpendukungdanpenghambat
menumbuhkan cintatanahair bagi siswa smpn 01 Maospati; (3) memaparkan dampak
pelaksanaan menumbuhkan karakter cinta tanah air bagi siswa smpn 01 Maospati.
Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus.
Pendekatan ini adalah cara yang tepat untuk mengungkap upaya guru dalam Menumbuhkan
karakte cinta tanah air siswa. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan konsep Miles, Huberman
dan Saldana yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan,
meningkatkan ketekunan, triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1).upacacarabendera, memakai pakaian adat
setiap hari rabu, menyanyikan lagu kebangsaan setiap awal pembelajaran
dimulai,menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar. (2)Faktor pendorong dan
penhambat karakter cinta tanah air fasilitas yang memadai untuk menumbuhkan karakter
cinta tanah air, adanya foto presiden dan wakil presiden, Memasang bendera negara lambang
negara, dan melakukan 5S (senyum salam sapa sopan santu ), tentu juga ada faktor
penghambat pesertadidik yang masih sulit diatur asik dengan dunia handphone maupun
temanya.(3)adanya pendukung dan penghambat yang terjadi bukan merupakan kesalahan
yang fatal, akan tetapi tetap diperlukan adanya usaha dari pihak sekolah dan orang tua dalam
mendukung penuh dalam perubahan positif dari peserta didik itu sendiri. Karena karakter
merupakan tabiat atau bawaan seseorang dari lahir yang harus dijaga dengan sepenuhnya
agar dalam kebiasaanberperilaku sehari-hari menjadi baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | MUHAMMAD WIDDA DJUHAN |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 20 Jun 2023 01:23 |
Last Modified: | 20 Jun 2023 01:23 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24873 |
Actions (login required)
View Item |