Nilai-nilai Humanisme pada Film Freedom Writers dan Relevansinya dengan Konsep Pembelajaran Humanistik

Malik, Muhammad (2023) Nilai-nilai Humanisme pada Film Freedom Writers dan Relevansinya dengan Konsep Pembelajaran Humanistik. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210616202_MUHAMMAD MALIK_PGMI.pdf

Download (35MB)

Abstract

Malik, Muhammad. 2023. Nilai-nilai Humanisme pada Film Freedom Writers dan Relevansinya dengan Konsep Peembelajaran Humanistik. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Tintin Susilowati, M.Pd.
Kata Kunci: Nilai-nilai humanisme, konsep pembelajaran humanistik, film Freedom Writers.
Humanisme merupakan istilah dalam sejarah intelektual yang acapkali digunakan dalam bidang filsafat, pendidikan, dan literatur. Humanisme pendidikan mengarah pada manusia sebagai titik sentral mengembangkan kemampuan dan keterampilan dalam rangka mengoptimalkan akal pikiran manusia untuk menghasilkan kebenaran. Pada penelitian ini, peneliti ingin meneliti film yang berjudul Freedom Writers, film yang diakses melalui youtube tersebut bercerita tentang guru baru yang mengajar pada sekolah yang ada di Amerika Serikat. Guru tersebut mengajar pada ruangan 203, ruang tersebut merupakan ruang kelas dengan siswa yang memiliki latar belakang ras berbeda. Konflik antar ras sangat terasa dalam ruang tersebut, sehingga membuat guru tersebut berusaha untuk tetap mengajar dan mengajak siswa dalam ruang tersebut untuk bertoleransi, menghargai perbedaan, berani untuk mengemukakan pendapat mereka dan menghargai pendapat orang lain. Pada film Freedom Writers terdapat nilai-nilai humanisme yang dapat diteliti yaitu: nilai aktualisasi diri, realisasi diri, integrasi, autonomi, kreativitas, dan produktivitas.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menunjukkan nilai-nilai humanisme pada tokoh guru yang terdapat dalam film Freedom Writers. (2) mendeskripsikan relevansi nilai-nilai humanisme dengan konsep pembelajaran humanistik.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, menggunakan jenis penelitian library research. Teknik pengumpulan data literer atau dokumenter. Data yang diteliti film Freedom Writers. Hasil dari penelitian kemudian dianalisis menggunakan model semiotik Charles Sander Pierce.
Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa (1) pada film Freedom Writers terdapat nilai-nilai humanisme yang direprentasikan oleh sosok guru yang bernama Erin, nilai humanisme tersebut yaitu: aktualisasi diri, realisasi diri, integrasi, autonomi, kreativitas, dan produktivitas. (2) nilai humanisme pada film Freedom Writers relevan dengan konsep pembelajaran humanistik. Dengan demikian sebaiknya proses pembelajaran menggunakan konsep pembelajaran humanistik, karena dalam konsep pembelajaran humanistik guru dan murid mempunyai peran sebagai subjek dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tintin Susilowati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2023 01:22
Last Modified: 20 Jun 2023 01:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24870

Actions (login required)

View Item View Item