Upaya Guru Fikih dalam Meningkatkan Pemahaman Ibadah Peserta Didik Kelas X di MA Ma'arif Al-Mukarrom Kauman Somoroto Ponorogo

Berlianada, Almayza Fahyutyara (2023) Upaya Guru Fikih dalam Meningkatkan Pemahaman Ibadah Peserta Didik Kelas X di MA Ma'arif Al-Mukarrom Kauman Somoroto Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI 201190321 ALMAYZA FAHYUTYARA BERLIANADA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Berlianada, Almayza Fahyutyara. 2023. Upaya Guru Fikih dalam Meningkatkan Pemahaman Ibadah Peserta Didik Kelas X di MA Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Somoroto Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Mughniatul Ilma, M.H.
Kata Kunci: Guru, Pembelajaran Fikih dan Pemahaman Ibadah.

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang begitu cepat pada segala bidang kehidupan di seluruh penjuru dunia. Seorang peserta didik dirasa sangat memerlukan suatu pemahaman ibadah dalam dirinya. Pemahaman ibadah bagi diri peserta didik dapat dijadikan sebagai suatu benteng pertahanan dari arus perkembangan zaman yang dapat membawa dampak negatif bagi peserta didik tersebut. Begitupun bagi peserta didik kelas X di MA Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Somoroto Ponorogo yang pada dasarnya berasal dari latar belakang keluarga dengan kultur ibadah yang berbeda-beda. Merujuk pada permasalahan tersebut, peneliti pun tertarik untuk melakukan penelitian di MA Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Somoroto Ponorogo. Mengingat hanya ranah guru fikih yang dapat melakukan berbagai upaya peningkatan pemahaman ibadah.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan upaya guru fikih dalam meningkatkan pemahaman ibadah peserta didik kelas X di MA Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Somoroto Ponorogo. (2) Menganalisis faktor pendukung dan penghambat upaya guru fikih dalam meningkatkan pemahaman ibadah peserta didik kelas X di MA Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Somoroto Ponorogo. (3) Menganalisis implikasi peningkatan pemahaman peserta didik kelas X oleh guru fikih di MA Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Somoroto Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah, wawancara, observasi, serta dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan/verifikasi (conclusion drawing/verification). Proses pengecekan keabsahan data yang dipilih oleh peneliti yaitu dengan cara triangulasi.
Berdasarkan dari hasil analisis ditemukan (1) Upaya guru fikih dalam meningkatkan pemahaman ibadah peserta didik kelas X di MA Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Somoroto Ponorogo yaitu menggunakan metode field study (studi lapangan), metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode keteladanan, metode diskusi, metode field trip (kunjungan lapangan), metode ceramah, metode kerja kelompok, metode resitasi (pemberian tugas), metode praktek, metode permainan dan metode pembiasaan. (2) Faktor pendukung dan penghambat upaya guru fikih dalam meningkatkan pemahaman ibadah peserta didik kelas X di MA Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Somoroto Ponorogo yaitu dipengaruhi oleh faktor internal (faktor di dalam pembelajaran fikih) dan eksternal (faktor di luar pembelajaran fikih). (3) Implikasi peningkatan pemahaman ibadah peserta didik kelas X oleh guru fikih di MA Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Somoroto Ponorogo yaitu berbeda-beda pada masing-masing peserta didik. Adapun tingkatan pemahaman ibadah peserta didik kelas X terdiri dari, menerjemahkan, menafsirkan dan mengekstrapolasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mughniatul Ilma
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2023 01:20
Last Modified: 20 Jun 2023 01:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24869

Actions (login required)

View Item View Item