PENERAPAN KEGIATAN MENGGUNTING KERTAS ORIGAMI UNTUK MELATIH MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DI TK AL-ISHLAH BUNGKAL PONOROGO

Ais, Rihadhatul (2023) PENERAPAN KEGIATAN MENGGUNTING KERTAS ORIGAMI UNTUK MELATIH MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DI TK AL-ISHLAH BUNGKAL PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
205190023_RIHADHATUL AIS_PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Ais, Rihadhatul 2023. Penerapan Kegiatan Menggunting Kertas Origami Untuk Melatih Motorik Halus Anak Usia Dini Di Tk Al-Ishlah Bungkal Ponorogo Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Tirta Dimas Wahyu N, M.Pd.

Kata Kunci: Kegiatan Menggunting, Kertas Origami, Motorik Halus, Anak usia Dini.

Kegiatan menggunting kertas origami menjadi salah satu stimulus yang dapat mengembangkan motorik halus anak. Selama pandemi covid-19 tahun 2021, pembelajaran sepenuhnya dilakukan di rumah dan setelah pandemi covid-19 berlalu tahun 2022, pembelajaran mulai dilakukan kembali di sekolah ternyata perkembangan motorik halus anak berkembang dengan optimal. Sehingga diambil sebuah penelitian untuk melihat kegiatan menggunting kertas origami untuk melatih motorik halus anak pada usia 5-6 tahun di TK Al-Ishlah Bungkal Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) penerapan kegiatan menggunting kertas origami anak usia dini di TK Al-Ishlah Bungkal ponorogo. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan motorik halus anak usia dini di TK Al-Ishlah Bungkal Ponorogo. (3) capaian kemampuan motorik halus anak usia dini setelah guru menerapkan kegiatan menggunting kertas origami di TK Al-Ishlah Bungkal Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomena, teknik pengumpulan data ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, 2 guru kelas B. Dari hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan empat tahapan yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) penerapan kegiatan menggunting kertas origami anak usia dini di TK Al-Ishlah Bungkal ponorogo diawali dari mudah ke sulit dengan pola lurus, gelombang dan zig zag. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan motorik halus anak usia dini di TK Al-Ishlah Bungkal Ponorogo yaitu genetik atau keturunan, ketika masa kandungan, nutrisi, bimbingan, motivasi, kesiapan belajar, kebebasan anak dalam berkreasi dan stimulasi. (3) capaian kemampuan motorik halus anak usia dini setelah guru menerapkan kegiatan menggunting kertas origami di TK Al-Ishlah Bungkal Ponorogo mencapai 80% dengan dilandasi komponen penilaian perkembangan motorik halus dan indikator capaian perkembangan motorik halus.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tirta Dimas Wahyu Negara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2023 04:53
Last Modified: 19 Jun 2023 04:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24855

Actions (login required)

View Item View Item