..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Peran Guru Kelas dalam Bimbingan dan Konseling untuk Mengatasi Perundungan Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Tarbiyatul Islam Kertosari

Rahayu, Siska (2023) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Peran Guru Kelas dalam Bimbingan dan Konseling untuk Mengatasi Perundungan Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Tarbiyatul Islam Kertosari. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190107_SISKA RAHAYU_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Rahayu, Siska. 2023. Peran Guru Kelas dalam Bimbingan dan Konseling Untuk Mengatasi Perundungan Kelas IV Sekolah Dasar Tarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Hj. Elfi Yuliani Rochmah, M.Pd.I
Kata Kunci: Peran Guru Kelas, Bimbingan dan Konseling, Perundungan
Permasalahan perundungan terjadi pada anak sekolah dasar baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Penyelesaian masalah tersebut membutuhkan peran guru kelas dalam bimbingan dan konseling untuk mengatasi perundungan secara keilmuan dan profesional. Adapun peran guru kelas yang menjadi fokus penelitian yaitu guru kelas selaku pembimbing, fasilitator, dan mediator.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peran guru kelas selaku pembimbing dalam bimbingan dan konseling untuk mengatasi perundungan peserta didik kelas IV di SD Tarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo. (2) mengetahui peran guru kelas selaku fasilitator dalam bimbingan dan konseling untuk mengatasi perundungan peserta didik kelas IV di SD Tarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo. (3) mengetahui peran guru kelas selaku mediator dalam bimbingan dan konseling untuk mengatasi perundungan peserta didik kelas IV di SD Tarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus, menggunakan sumber data langsung dan menjadikan peneliti sebagai instrumen kunci dalam kegiatan penelitian. Penelitian ini dilakukan di SD Tarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo menggunakan teknik pengumpulan data yang berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Miles and Saldana dan langkah-langkah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan ketekunan peneliti dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini peran guru kelas selaku pembimbing dalam bimbingan dan konseling untuk mengatasi perundungan yaitu memberi arahan kepada peserta didik untuk tidak melakukan perundungan, menganalisis segala sesuatu yang menyebabkan peserta didik malas belajar agar prestasi belajar tidak menurun dengan cara memperhatikan peserta didik, memahami cara belajar peserta didik korban perundungan, mengajak peserta didik untuk semangat belajar, dan memahami karakter anak korban perundungan dalam proses belajar. Peran guru kelas selaku fasilitator, menyediakan fasilitas yang mendukung peserta didik untuk bisa mengikuti proses pembelajaran dengan mudah, menciptakan suasana belajar di kelas yang nyaman, memberikan pengetahuan bentuk-bentuk perundungan, mengajak peserta didik untuk melakukan ice breaking, menyediakan sumber belajar yang memadai, memanfaatkan metode belajar kelompok, membiasakan anak untuk mengucapkan maaf, tolong, dan terimakasih. Peran guru kelas selaku mediator dalam bimbingan dan konseling untuk mengatasi perundungan yaitu guru sebagai penengah atau perantara antara pelaku, dan korban perundungan misalnya memberikan pemahaman bahaya perundungan, menciptakan komunikasi yang baik, memberikan efek jera pada pelaku perundungan, memberikan apresiasi semangat belajar pada korban perundungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Elfi Yuliani Rochmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2023 04:49
Last Modified: 19 Jun 2023 04:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24851

Actions (login required)

View Item View Item