TRADISI PEMBACAAN DZIKIR AL MA’TSURAT (Kajian Living Qur’an di Pondok Pesantren Azmania, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur)

Romadhon, Muhammad Adiyak (2023) TRADISI PEMBACAAN DZIKIR AL MA’TSURAT (Kajian Living Qur’an di Pondok Pesantren Azmania, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
upload perpus skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Romadhon, Muhammad Adhiyak, 2023. Tradisi Pembacaan Dzikir Al Ma’tsurat (Kajian Living Qur’an di Pondok Pesantren Azmania Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur). Skripsi. Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing, Irma Rumtianing, UH, MSI.
Kata Kunci: Living Qur’an, Tradisi, Dzikir, Al Ma’tsurat, Pondok Pesantren Azmania Ponorogo.
Penelitian ini membahas tentang fenomena Al Qur’an yang hidup ditengah masyrakat dengan kata lain Qur’an in Every Life, seperti yang terjadi di Pondok Pesantren Azmania Ponorogo yaitu tradisi pembacaan dzikir Al Ma’tsurat yang diikuti oleh semua santri setiap harinya. Adapun waktu pelasksanaannya sedikit berbeda dari Pondok Pesantren pada umunya. Maka fokus pembahasan dari penelitian ini adalah yang pertama bagaimana praktik pembacaan dzikir Al Ma’tsurat di Pondok Pesantren Azmania Ponorogo, yang kedua Bagaimana pemaknaan pembacaan tradisi dzikir Al Ma’tsurat bagi santri Pondok Pesantren Azmania Ponorogo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif diskriptif. Adapun Teknik pengumpulan data penelitian adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data menggunakan teori Living Qur’an dan toeri pecinta yang dikemukakan oleh Farid Esack
Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah praktik pembacaan dzikir Al Ma’tsurat di Pondok Pesantren Azmania Ponorogo ada dua kali pelasksanaan dalam satu hari, setelah sholat subuh dan sebelum sholat maghrib dan dibaca secara berjama’ah dipimpin oleh santri. Pemaknaan dari santri dalam pembacaan dzikir Al Ma’tsurat yang mereka dapatkan berbagai macam antara lain adalah sebagai penenangnya hati ketika menjumpai sebuah masalah, dengna berdzkir mampu menentramankan hati bagi setiap santri, sebagai salah satu sarana santri dalam mendekatan diri kepada Allah SWT dan menggapai keberkahan Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Irma Rumtianing Uswatul Hanifah
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2023 04:16
Last Modified: 19 Jun 2023 04:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24844

Actions (login required)

View Item View Item