Pengaruh Budaya Madrasah Dan Keteladanan Guru Terhadap Sikap Disiplin Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Kelas XI MAN 1 Magetan Tahun Ajaran 2022/2023

Astuti, Puspa Yuli (2023) Pengaruh Budaya Madrasah Dan Keteladanan Guru Terhadap Sikap Disiplin Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Kelas XI MAN 1 Magetan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190223_PUSPA YULI ASTUTI_PAI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Astuti, Puspa Yuli. 2023. Pengaruh Budaya Madrasah dan Keteladanan Guru terhadap Sikap Disiplin Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Kelas XI MAN 1
Magetan Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing: Dr. Andhita Dessy Wulansari, M. Si.

Kata Kunci: Budaya Madrasah, Keteladanan Guru, Sikap Disiplin Siswa.
Sikap disiplin siswa ialah kepatuhan siswa terhadap peraturan di lingkungan sekolah/madrasah sehingga tidak adanya suatu pelanggaran yang merugikan. Pada kurun waktu yang lalu, terjadi fenomena Pandemi Covid-19 yang mengakibatkan perubahan pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Pembelajaran dilakukan secara online, sehingga berdampak pada penurunan sikap disiplin pada siswa. Dari kegiatan wawancara yang
dilakukan peneliti dengan salah satu guru di MAN 1 Magetan, fenomena penurunan sikap disiplin siswa ditemui pada salah satu mata pelajaran yaitu Akidah Akhlak. Ketika pembelajaran Akidak Akhlak berlangsung dijumpai pelanggaran sikap disiplin oleh
beberapa siswa, seperti: terlambat masuk kelas,tidak mengikuti pembelajaran dengan tertib, pemakaian seragam yang kurang lengkap, serta terbiasanya belum menyelesaikan PR yang sudah diberikan. Mengingat pembelajaran Akidah Akhlak sangatlah penting bagi
siswa, maka diperlukan suatu usaha untuk meningkatkan sikap disiplin. Pada lingkungan
madrasah, pembentukan sikap disiplin siswa dapat dilakukan melalui budaya madrasah yang didalamnya terdapat nilai-nilai yang dianut madrasah. Selain itu, faktor yang dapat mempengaruhi sikap disiplin siswa yaitu dapat melalui keteladanan yang dicontohkan oleh guru dalam lingkungan madrasah.
Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) mengetahui signifikansi pengaruh budaya madrasah terhadap sikap disiplin siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas XI MAN 1 Magetan tahun ajaran 2022/2023; 2) mengetahui signifikansi pegaruh keteladanan guru terhadap sikap disiplin siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas XI MAN 1 Magetan tahun ajaran 2022/2023; serta 3) mengetahui signifikansi pengaruh budaya madrasah dan keteladanan guru terhadap sikap disiplin siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas XI MAN 1 Magetan.
Penelitian ini dirancang menggunakan metode kuantitatif dengan jenis ex post facto. Populasi penelitian berjumlah 208 siswa, kemudian diambil sampel sebanyak 131 dengan teknik simple random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan mendistribusikan angket kepada 131 siswa yang menjadi responden, yaitu siswa kelas XI MAN 1 Magetan tahun ajaran 2022-2023.
Berdasarkan hasil temuan penelitian, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Budaya madrasah berpengaruh secara signifikan terhadap sikap disiplin siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas XI MAN 1 Magetan tahun ajaran 2022/2023 dengan
presentase sebesar 45,2%. 2) Keteladanan guru berpengaruh secara signifikan terhadap sikap disiplin siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas XI MAN 1 Magetan tahun ajaran 2022/2023 dengan presentase sebesar 38,4%. Dan 3) Budaya madrasah dan
keteladanan guru berpengaruh secara signifikan terhadap sikap disiplin siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas XI MAN 1 Magetan tahun ajaran 2022/2023 dengan presentase sebesar 50,6%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2023 04:08
Last Modified: 19 Jun 2023 04:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24837

Actions (login required)

View Item View Item