Upaya Guru Kelas Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Murid Pada Proses Pembelajaran Tematik Kelas V Madrasah Ibtida'iyah Negeri 13 Ngawi

Muti'ah, Iis Mudrikatul (2023) Upaya Guru Kelas Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Murid Pada Proses Pembelajaran Tematik Kelas V Madrasah Ibtida'iyah Negeri 13 Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180182 _IIS MUDRIKATUL MUTI'AH_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Muti'ah, Iis Mudrikatul. 2023. Upaya Guru Kelas dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Murid pada Proses Pembelajaran Tematik Kelas V Madrasah Ibtida’iyah Negeri 13 Ngawi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Restu Yulia Hidayatul Umah, M.Pd.

Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Pembelajaran Tematik, Upaya Guru

Kesulitan belajar murid biasanya ditandai dengan menurunnya kinerja akademik atau prestasi belajarnya. Kesulitan belajar murid juga dapat dibuktikan dengan munculnya faktor perilaku menyimpang murid seperti berteriak di dalam kelas, mengusik teman, berkelahi dan sering tidak masuk sekolah. Selain itu guru juga merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar murid. Namun ada juga beberapa faktor lain yang timbul saat terjadinya proses pembelajaran berlangsung. Faktor tersebut bisa saja timbul karena adanya kesulitan belajar yang dihadapi murid seperti kurangnya pemahaman konsep, maupun kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan guru. Adapun murid yang mengikuti proses pembelajaran di kelas, tidak sedikit dari mereka yang mengalami kesulitan belajar, yang ditunjukkan diri dalam bentuk kesulitan mendengarkan, berpikir, berbicara, menulis, mengeja atau berhitung.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar murid pada proses pembelajaran tematik kelas V Madrasah Ibtida’iyah Negeri 13 Ngawi, 1) faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kesulitan belajar murid dalam proses pembelajaran tematik, 2) bagaimana strategi yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar murid dalam proses pembelajaran tematik, dan 3) bagaimana hasil dari strategi yang digunakan guru dalam mengatasi kesulitan belajar murid pada mata pelajaran tematik.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Kualitatif yang dikembangkan oleh Huberman dan Saldana. Metode ini memiliki tiga alur kegiatan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tenik pengumpulan datanya dengan teknik wawancara, teknik dokumentasi dan teknik observasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar murid pada proses pembelajaran tematik kelas V Madrasah Ibtida’iyah Negeri 13 Ngawi yaitu dengan memberikan perhatian dan motivasi, menggunakan media dalam pembelajaran serta memberikan reward; 1) faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar yaitu ada faktor internal merupakan suatu hal yang terdiri dari diri murid itu sendiri seperti kurangnya motivasi dalam diri murid, mengolah bahan belajar, sikap terhadap belajar, motivasi, mengolah bahan belajar, kurang konsentrasi murid dalam menerima materi yang disampaikan guru, kesulitan menyimpan perolehan hasil belajar, serta rasa percaya diri murid dalam belajar. Sedangkan Faktor eksternal adalah faktor-faktor yang berasal dari luar kendali murid. Faktor ini meliputi lingkungan keluarga, sarana dan prasarana sekolah, serta strategi atau variasi pembelajaran yang monoton; 2) strategi yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar murid yaitu menerapkan sistem pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan, memberikan penanganan khusus pada murid yang mengalami kesulitan belajar pada pembelajaran tematik, pembelajaran dengan digital, melakukan program penilaian kualitas guru (PKG), dan mengikutkan guru pada workshop yang berkaitan dengan pembalajaran tematik; dan 3) hasil dari strategi yang digunakan guru dalam mengatasi kesulitan belajar yaitu dibuktikan dengan hasil nilai raport dalam satu semester dengan kriteria yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Restu Yulia Hidayatul Umah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2023 04:05
Last Modified: 19 Jun 2023 04:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24835

Actions (login required)

View Item View Item