..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Aswaja Pada Jama'ah Masjid Al-Annur Di Dukuh Krajan, Desa/Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo

Arlyanti, Mujita Dea (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Aswaja Pada Jama'ah Masjid Al-Annur Di Dukuh Krajan, Desa/Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190177_MUJITA DEA ARLYANTI_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Arlyanti, Mujita Dea. 2023. Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Aswaja Pada Jama`ah Masjid Al-Annur Di Dukuh Krajan, Desa/Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Muhammad Heriyudanta, M.Pd.I.

Kata Kunci: Penanaman, nilai-nilai pendidikan aswaja, Jama`ah Masjid Al-Annur.
ASWAJA (Ahlussunnah wal Jama’ah) an Nahdliyah merupakan ajaran yang menganut faham sunni. Dalam ajaran ini terdapat beberapa nilai yang sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sosial, yakni tawasuth, I’tidal, tasammuh, tawazun, dan amar ma’ruf nahi munkar. Dukuh Krajan adalah salah satu Dukuh yang ada di Desa Ngrayun yang mayoritas masyarakatnya menganut ajaran Ahlussunnah wal Jama’ah an Nahdliyah. Mayoritas remaja mengikuti kegiatan jama`ah Masjid Al-Annur di Dukuh Krajan, Desa Ngrayun. Jama`ah Masjid Al-Annur teridentifikasi belum memahami mengenai nilai-nilai aswaja yang seharusnya sudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jama`ah Masjid Al-Annur di Dukuh tersebut mayoritas mengikuti kegiatan keagamaan akan tetapi masih kurang dalam penerapan nilai-nilai aswaja.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) persepsi nilai-nilai pendidikan Aswaja pada Jama`ah Masjid Al-Annur di Dukuh Krajan, Desa Ngrayun, (2) proses penanaman nilai-nilai pendidikan Aswaja pada Jama`ah Masjid Al-Annur di Dukuh Krajan, Desa Ngrayun, (3) dampak penanaman nilai-nilai pendidikan Aswaja pada Jama`ah Masjid Al-Annur di Dukuh Krajan, Desa Ngrayun.
Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Partisipan penelitian berasal dari kepala dukuh, ketua yasin/tahlil, dan pengurus remaja masjid Al-Annur Dukuh Krajan, Desa Ngrayun. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisa Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data (Display data), dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi nilai-nilai pendidikan aswaja pada jama`ah Masjid Al-Annur ada empat yaitu tawasuth, I`tidal, tawazun dan tasamuh. Proses penanaman nilai-nilai pendidikan aswaja pada jama`ah Masjid Al-Annur Dukuh Krajan, Desa Ngrayun yaitu melalui program kegiatan keagamaan dengan tahap moral knowing untuk memberi pemahaman terkait tawasuth, i`tidal, tawazun dan tasamuh, moral feeling memberikan rasa empati, simpati terhadap sesama. Dan moral action dengan mengajak jama`ah untuk melakukan kegiatan sesuai dengan 4 pilar nilai pendidikan aswaja. Sehingga memberikan dampak positif terhadap sikap sosial para jama`ah. Sikap sosial yang positif ini berupa perilaku atau tindakan yang tidak berat sebelah dalam bergaul artinya tidak memandang latar belakang atau perbedaan yang ada sehingga muncul rasa empati dan toleransi dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:59
Last Modified: 19 Jun 2023 03:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24834

Actions (login required)

View Item View Item