Peran Guru Dalam Membangun Karakter dan Moral Melalui Program Keagamaan di MTsN 2 Ponorogo

Nuraini, Nihaya (2023) Peran Guru Dalam Membangun Karakter dan Moral Melalui Program Keagamaan di MTsN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190192_NIHAYA NURAINI_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Nuraini, Nihaya. 2023. Peran Guru dalam Membangun Karakter dan Moral Melalui Program Keagamaan di MTsN 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Risti Aulia Ulfah, M.Pd.

Kata Kunci: Guru, Karakter dan Moral, Program Keagamaan

Pendidikan merupakan sebuah kepentingan yang melintasi masa dan usia. Pendidikan mutlak diperlukan bukan hanya di sekolah, tetapi juga di lingkungan sosial. Guru mempunyai tanggung jawab dalam proses keberhasilan pendidikan Maka dari itu harus memiliki program kegiatan keagamaan dengan baik agar nantinya dapat membentuk serta meningkatkan pemahaman spritual yang berkualitas. Berdasarkan hasil pengamatan ditemukan bahwasanya MTsN 2 Ponorogo merupakan madrasah yang berbasis keagamaan tetapi di dalamnya masih terdapat beberapa peserta didik yang melakukan perilaku yang menyimpang seperti kurangnya menghargai guru, malas beribadah, dan kurang disiplin. Dalam hal ini peran guru sangat dibutuhkan untuk mempengaruhi keberhasilan guru harus bertanggung jawab dengan tujuan untuk mengarahkan peserta didik agar selalu menjalankan kegiatan yang tidak menyimpang karakter dan moral. Untuk mencapai tujuan tersebut guru mempunyai metode dan program keagamaan yang akan menunjang keberhasilan dalam membangun karakter dan moral di MTsN 2 Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pelaksanaan guru dalam membangun karakter dan moral melalui program keagamaan di MTsN 2 Ponorogo; (2) mengetahui metode guru dalam membangun karakter dan moral melalui program keagamaan di MTsN 2 Ponorogo; dan (3) mengetahui kendala guru dalam membangun karakter dan moral melalui program keagamaan di MTsN 2 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah konsep dari Milles dan Huberman meliputi tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah (1) peran guru dalam membangun karakter dan moral peserta didik menggunakan program keagamaan. Sedangkan program keagamaan antara lain sholat berjama’ah, peringatan hari besar islam, jum’at berkah, kegiatan ekstrakulikuler keagamaan tartil Al-Qur’an dan amal jariyah; (2) metode guru dalam pelaksanaan program keagaaman Metode tersebut antara lain metode pembiasaan, contohnya seperti tartil Al-Qur’an, sholat wajib secara berjama’ah. Selain itu menggunakan metode keteladanan, metode nasihat yaitu memberikan pesan-pesan moral atau memberikan nasihat dalam setiap pembelajaran, hukuman, dan menggunakan metode pengawasan yang bekerja sama dengan pihak masyarakat, dan keluarga; dan (3) kendala guru dalam membangun karakter dan moral melalui program keagamaan berkaitan dengan keterbatasan atau efisiensi waktu belajar mata pelajaran keagamaan, lingkungan masyarakat, dan lingkungan keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risti Aulia Ulfah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:53
Last Modified: 19 Jun 2023 03:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24831

Actions (login required)

View Item View Item