Strategi Guru PAI dalam Membina Karakter Religius Pesera Didik Kelas 9 Pasca Pembelajaran Masa Pandemi di SMP Negeri 2 Papar Kabupaten Kediri

Sholihah, Hanina Al Akmalush (2023) Strategi Guru PAI dalam Membina Karakter Religius Pesera Didik Kelas 9 Pasca Pembelajaran Masa Pandemi di SMP Negeri 2 Papar Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190378_HANINA AL AKMALUSH SHOLIHAH_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sholihah, Hanina Al Akmalush. 2023. Strategi Guru PAI dalam Membina Karakter Religius Peserta Didik Kelas 9 pasca Pembelajaran Masa Pandemi di SMP Negeri 2 Papar Kabupaten Kediri. Skripsi. Jurusan PAI, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Abdul Kholiq, MBA.
Kata Kunci : Strategi Guru, Karakter, Karakter Religius

Karakter religius adalah sikap dan perilaku seseorang yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya. Guru PAI berperan penting dalam membentuk karakter religius peserta didik agar sikap peserta didik tidak menyimpang dari ajaran agama Islam. Pasca pandemi, sikap religius peserta didik menurun dikarenakan guru PAI tidak dapat membina karakter religius peserta didik secara langsung pada masa pandemi. Dalam mengatasi fenomena tersebut, guru PAI memerlukan suatu strategi yang matang agar tujuan yang telah direncanakan dalam membina karakter religius peserta didik pasca pembelajaran masa pandemi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; strategi guru PAI dalam membina karakter religius, faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi guru PAI dalam membina karakter religius peserta didik, dan hasil upaya guru PAI dalam membina karakter religius peserta didik pasca pembelajaran masa pandemi di SMP Negeri 2 Papar.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan sumber data primer meliputi kepala sekolah, guru PAI, dan peserta didik serta sumber data sekunder meliputi dokumen sekolah. Peneliti menggunakan teknik analisis data interaktif model Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian yang didapatkan yaitu: (1) Strategi guru PAI yang digunakan untuk membina karakter religius melalui metode keteladanan, pembiasaan, nasihat, ceramah, dan reward and punishment. (2) Terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam membina karakter religius peserta didik. Faktor pendukung meliputi semua guru memberikan contoh yang baik kepada peserta didik, kekompakan guru yang saling mendukung, adanya dukungan dari Kepala Sekolah serta sarana dan prasarana sekolah yang memadai. Adapun faktor penghambat meliputi kurangnya perhatian peserta didik dari orangtua, penyalahgunaan gadget/HP, dan rendahnya tingkat kesadaran peserta didik untuk membentuk karakter religius. (3) Hasil upaya guru PAI dalam membina karakter religius peserta didik kelas 9 pasca pembelajaran masa pandemi di SMP Negeri 2 Papar adalah karakter religius peserta didik mengalami perubahan menjadi lebih baik daripada awal pembelajaran tatap muka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Abdul Kholiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:53
Last Modified: 19 Jun 2023 03:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24829

Actions (login required)

View Item View Item