Pengaruh Penerapan Metode Cepat Tanggap Baca Al-Qur’an An-Nahdhiyah Terhadap Kemampuan Baca Al-Qur’an Anak Di TPQ Ar-Rahman Desa Tumpuk Sawoo Ponorogo

Komariyadi, Luthfi Nuzul (2023) Pengaruh Penerapan Metode Cepat Tanggap Baca Al-Qur’an An-Nahdhiyah Terhadap Kemampuan Baca Al-Qur’an Anak Di TPQ Ar-Rahman Desa Tumpuk Sawoo Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190400_LUTHFI NUZUL K_SKRIPSI PERPUS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Komariyadi, Luthfi Nuzul. 2023. Pengaruh Penerapan Metode Cepat Tanggap Baca al-Qur’a>n An-Nahdhiyah Terhadap Kemampuan Baca Al-Qur’an Anak Di TPQ Ar-Rahman Desa Tumpuk Sawoo Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. M. Miftahul Ulum, M.Ag.
Kata Kunci: Kemampuan Baca al-Qur’a>n, Metode an-Nahdhiyah
Kemampuan membaca merupakan hal mendasar yang harus dimiliki manusia dalam proses belajar. Agama islam sangat menganjurkan untuk senantiasa belajar melalui membaca. Memahami al-Qur’a>n yang sebagai pedoman hidup umat muslim juga diawali dengan membacanya. Kemampuan baca al-Qur’a>n anak bisa dilihat dari berbagai aspek, diantaranya tajwid, makha>rijul huruf, fash}ah}ah}, dan kelancaran. Namun demikian fakta di lapangan masih ditemukan bacaan-bacaan anak yang belum sesuai dengan kaidah yang berlaku. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan baca al-Qur’a>n anak masih perlu ditingkatkan lagi. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan baca al-Qur’a>n adalah metode pembelajaran. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat akan membuahkan hasil yang lebih maksimal. Sebaliknya, pemilihan metode yang tidak tepat akan berpengaruh pada hasil belajar yang kurang maksimal.
Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari penerapan metode cepat tanggap baca al-Qur’a>n an-Nahdhiyah terhadap kemampuan membaca al-Qur’a>n anak di TPQ Ar-Rahman Desa Tumpuk Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre Experimental dengan Posttest Only Control Design. Adapun populasi berjumlah 40 santri. Populasi dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kelas kontrol dengan masing-masing berjumlah 20 santri. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling sampel jenuh. Sedangkan instrumen pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrument tes dengan teknik analisis data berupa Uji-t.
Berdasarkan dari analisis data diperoleh hasil bahwa: hasil perhitungan Uji-t pada analisis data menunjukkan bahwa H0 ditolak, maka perbandiangan rata-rata (mean) kemampuan membaca al-Qur’a>n santri pada kedua kelompok baik kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol memiliki kemampuan yang berbeda. Pada hasil analisis data dengan menggunakan perhitungan uji-t dengan bantuan SPSS menunjukkan bahwa H0 ditolak. Kesimpulan diambil dengan melihat sig. (2-tailed) = 0.02 kurang dari nilai signifikansi α = 0.05, artinya penerapan metode cepat tanggap baca al-Qur’a>n an-Nahdhiyah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan baca al-Qur’a>n anak di TPQ ar Rahman Desa Tumpuk Sawoo Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:52
Last Modified: 19 Jun 2023 03:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24824

Actions (login required)

View Item View Item