Pengaruh Pembiasaan Sholat Dhuha Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Karakter Santri Pondok Pesantren Nur Fadhillah Polorejo Babadan Ponorogo Tahun 2023

Habibah, Lutfi Nur (2023) Pengaruh Pembiasaan Sholat Dhuha Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Karakter Santri Pondok Pesantren Nur Fadhillah Polorejo Babadan Ponorogo Tahun 2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI 201190138 LUTFI NUR HABIBAH,.pdf

Download (5MB)

Abstract

Habibah, Lutfi Nur. 2023. Pengaruh Pembiasaan Sholat Dhuha dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Karakter Santri Pondok Pesantren Nur Fadhillah Polorejo Babadan Ponorogo Tahun 2023. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing: Dr. Andhita Dessy Wulansari, M.Si.

Kata Kunci: Karakter Santri, Pembiasaan Sholat Dhuha, Lingkungan Teman Sebaya.

Pondok pesantren dinilai sebagai lembaga pendidikan yang efektif untuk membentuk karakter. Masyarakat memandang santri merupakan seseorang yang paham ilmu agama dan mempunyai akhlak yang baik karena ia hidup dalam pondok pesantren dengan berbagai kegiatan, aturan, dan lingkungan yang dapat membentuk karakternya. Namun, meskipun demikian berdasarkan wawancara dengan lurah pondok pesantren Nur Fadhillah, diketahui bahwa di pondok pesantren ini masih dijumpai beberapa tindakan yang tidak mencerminkan karakter sebagai seorang santri seperti tidak mau melaksanakan piket, bangun kesiangan, meninggalkan pondok tanpa izin, terlambat bahkan bolos ketika kegiatan mengaji kitab, kurang menjaga kebersihan lingkungan sekitar, dan diduga sering terjadi cekcok antar santri akibat perbedaan pendapat. Faktor-faktor yang diduga berpengaruh terhadap karakter santri ini adalah lingkungan teman sebaya dan pembiasaan kegiatan keagamaan seperti pembiasaan sholat dhuha yang dilakukan dari Pondok Pesantren Nur Fadhillah.
Adapun tujuan dari penelitian ini untuk: (1) mengetahui signifikansi pengaruh pembiasaan sholat dhuha terhadap karakter santri Pondok Pesantren Nur Fadhillah Polorejo Babadan Ponorogo. (2) mengetahui signifikansi pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap karakter santri Pondok Pesantren Nur Fadhillah Polorejo Babadan Ponorogo. (3) mengetahui signifikansi pengaruh pembiasaan sholat dhuha dan lingkungan teman sebaya terhadap karakter santri Pondok Pesantren Nur Fadhillah Polorejo Babadan Ponorogo.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post-facto yang bersifat korelasi, dengan populasi berjumlah 40 orang dan menggunakan teknik sampel jenuh. Adapun instrumen utama pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket.
Berdasarkan dari analisis data diperoleh hasil bahwa: (1) pembiasaan sholat dhuha berpengaruh signifikan terhadap karakter santri Pondok Pesantren Nur Fadhillah Polorejo Babadan Ponorogo dengan prosentase 77,7%. (2) lingkungan teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap karakter santri Pondok Pesantren Nur Fadhillah Polorejo Babadan Ponorogo dengan prosentase 67,3%. (3) pembiasaan sholat dhuha dan lingkungan teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap karakter santri Pondok Pesantren Nur Fadhillah Polorejo Babadan Ponorogo dengan prosentase 78,1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dr. Andhita Dessy Wulansari, M.Si
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:51
Last Modified: 19 Jun 2023 03:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24823

Actions (login required)

View Item View Item