Peran Guru IPS Terpadu terhadap Penerapan Program Madrasah Ramah Anak di MTsN 1 Ponorogo

Arrohman, Afif Auliau (2023) Peran Guru IPS Terpadu terhadap Penerapan Program Madrasah Ramah Anak di MTsN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
208190003_AFIF AULIAU ARROHMAN_TADRIS IPS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Lembaga pendidikan merupakan tempat yang seharusnya aman dan nyaman untuk menyelenggarakan proses pendidikan dan pembelajaran. Namun fakta menunjukkan bahwa selama tahun 2022 Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) telah menerima 226 kekerasan fisik dan psikis. Data tersebut menunjakkan bahwa anak Indonesia masih rentan menjadi korban kekerasan fisik dan psikis dalam berbagai latar belakang, situasi dan kondisi anak berada. Mirisnya kekerasan tersebut terjadi pada di berbagai lembaga pendidikan keagamaan maupun umum.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan peran guru IPS Terpadu terhadap penerapan program Madrasah Ramah Anak di MTsN 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023; (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat terhadap penerapan program Madrasah Ramah Anak di MTsN 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data interaktif Miles, Huberman dan Saldana meliputi kondensasi data, penyajian data yang mencakup kata-kata dan kalimat informasi narasumber dan tindakan dari objek penelitian dengan jumlah 8 partisipan, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian, ditemukan : (1) peran Guru IPS Terpadu terhadap penerapan program Madrasah Ramah Anak di MTsN 1 Ponorogo tahun ajaran 2022/ 2023 meliputi sebagai komunikator, sebagai motivator dan sebagai pembimbing, (2) faktor pendukung terhadap penerapan program Madrasah Ramah Anak di MTsN 1 Ponorogo tahun ajaran 2022/2023 adalah adanya komitmen dan dukungan dari para guru, tenaga pendidikan dan masyarakat serta sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambat terhadap penerapan program Madrasah Ramah Anak di MTsN 1 Ponorogo karena faktor keluarga dan kondisi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Zazak Soraya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:49
Last Modified: 19 Jun 2023 03:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24819

Actions (login required)

View Item View Item