Kepemimpinan Transformasional Kyai dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo)

Sholihah, Shofi Binti (2023) Kepemimpinan Transformasional Kyai dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190068_SHOFI BINTI SHOLIHAH_MPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Sholihah, Shofi Binti. 2023. Kepemimpinan Transformasional Kyai dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al Barokah Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Athok Fuadi, M.Pd.

Kata Kunci : Kepemimpinan transformasional, mutu pendidikan, pondok pesantren Al Barokah.

Pendidikan pondok pesantren bertujuan untuk meningkatkan kualitas santrinya dengan mengembangkan kepribadian, kecerdasan, dan ketrampilan para santrinya. Dalam hal ini kepemimpinan berperan besar untuk meningkatan mutu pendidikan pesantren. Terlebih kepemimpinan harus menjawab tantangan zaman sekarang yang penuh dengan perubahan. Dimana manusia menginginkan untuk mengaktualisasikan dirinya yang berimplikasikan pada bentuk pelayanan dan penghargaan kepada manusia itu sendiri. Dan kepemimpinan yang dapat diterapkan secara efektif adalah kepemimpinan transformasional karena tidak hanya berdasarkan kebutuhan dan penghargaan, akan tetapi menumbuhkan kesadaran pada pemimpin untuk berbuat yang terbaik.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) idealisme pengaruh kyai dalam meningkatkan mutu pendidikan; (2) motivasi inspiratif kyai dalam meningkatkan mutu pendidikan; dan (3) konsiderasi individual kyai dalam meningkatkan mutu pendidikan.
Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus, dengan teknik pengumpulan data penelitian berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber wawancara dalam penelitian ini diantaranya kyai/pengasuh pondok pesantren, kabag pondok, wakabag pondok putra, wakabag pondok putri, dan santri. Teknik analisis data dalam penenlitian dilakukan dengan tiga tahapan yaitu, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data pada penelitan ini menggunakan peningkatan ketekunan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Idealisme pengaruh diwujudkan dengan membentuk komitmen terhadap seluruh komponen yang ada di pondok, membuat visi dan misi yang jelas, menimbulkan emosi yang kuat bagi bawahannya, dan menjadi teladan yang baik. (2) Motivasi inspiratif diwujudkan dengan kyai selalu berkomunikasi dengan bawahannya dengan kalimat yang membangun semangat dan bijak, memberikan inspirasi teladan yang baik dengan selalu mencotohkan terlebih dahulu semua kebijakan dan peraturan yang ada, memberikan dorongan kepada santri untuk mengembangkan bakatnya baik dibidang akademik maupun non akademik, memberikan reward kepada santri yang berprestasi dan ustadz/ustadzah yang ingin melanjutkan pendidikan akademisi, serta memberikan saran kepada wali santri untuk ikut berperan dalam mengembangakan bakat anak. (3) Konsiderassi individual diwujudkan dengan menampung seluruh keluh kesah santri dan memberikan solusi, mengenali kebutuhan santri, berusaha memenuhi kebutuhan santri, meningkatkan rasa tanggung jawab santri, serta mendelegasikan wewenang kepada ustadz/ustadzah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Athok Fu'adi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:48
Last Modified: 19 Jun 2023 03:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24817

Actions (login required)

View Item View Item