Implementasi Manajemen Kualitas Layanan dalam Meningkatkan Animo Pengguna Perpustakaan di SMK Negeri 2 Ponorogo

Arindasari, Suci (2023) Implementasi Manajemen Kualitas Layanan dalam Meningkatkan Animo Pengguna Perpustakaan di SMK Negeri 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190072_SUCI ARINDASARI_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (842kB)

Abstract

Arindasari, Suci. 2023. Implementasi Manajemen Kualitas Layanan Perpustakaan dalam Meningkatkan Animo Pengguna Perpustakaan di SMK Negeri 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Athok Fu'adi, M. Pd.
Kata kunci: Manajemen, Layanan Perpustakaan, SMK Negeri 2 Ponorogo.
Perpustakaan sekolah bertujuan untuk menyajikan informasi guna kepentingan peningkatan pelaksanaan proses belajar mengajar bagi semua warga sekolah dengan mempergunakan bahan pustaka yang dimilikinya. Pelayanan perpustakaan itu meliputi segala sesuatu yang dibutuhkan oleh pengguna yang harus tersedia di perpustakaan. Pelayanan perpustakaan harus didasarkan pada kebutuhan pengguna agar layanan di perpustakaan idealnya dapat lebih memikat, bersahabat, cepat dan akurat.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, mengetahui dan memahami: (1) perencanaan kualitas layanan dalam meningkatkan animo pengguna perpustakaan di SMK Negeri 2 Ponorogo, (2) pelaksanaan kualitas layanan dalam meningkatkan animo pengguna perpustakaan di SMK Negeri 2 Ponorogo, (3) evaluasi kualitas layanan dalam meningkatkan animo pengguna perpustakaan di SMK Negeri 2 Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan model pendekatan studi kasus, serta teknik pengumpulan data penelitian melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data wawancara pada penelitian ini yaitu Kepala Perpustakaan, Pustakawan dan Peserta Didik. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisa Miles, Huberman dan Saldana meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) perencanaan perpustakaan mengacu pada perencanaan sarana prasarana, sumber daya manusia, bahan pustaka dan perlengkapan sesuai kebutuhan akreditasi perpustakaan untuk menunjang mutu layanan perpustakaan yaitu dengan memerlukan beberapa tahapan dalam penyusunan program untuk meningkatkan minat pengguna perpustakaan dengan menentukan sarpras untuk kenyaman pengguna perpustakaan, menentukan sumber daya manusia sesuai kriteria yang dibutuhkan untuk melakukan layanan pada pengguna perpustakaan, juga perencanaan bahan koleksi untuk perlengkapan di perpustakaan dengan melibatkan waka kurikulum dan guru mata pelajaran untuk mengetahui yang di butuhkan peserta didik di SMK Negeri 2 Ponorogo. (2) Tugas dari pelayanan perpustakaan yaitu: layanan teknis, layanan pengguna meliputi layanan sirkulasi, layanan referensi, OPAC, layanan pengguna pendidikan dan layanan administrasi. (3) pada proses evaluasi dilakukan dengan melihat kenyamanan dari pihak pelayan dan yang dilayani. Proses evaluasi dilakukan setiap setahun sekali pada rapat tahunan dengan kepala sekolah, yang di sampaikan secara langsung oleh kepala perpustakaan. Hasil dari evaluasi bisa dikatakan baik karena sudah ada peningkatan pada animo pengguna perpustakaan di SMK Negeri 2 Ponorogo, tetapi juga tetap harus ada pembaruan pada sarpras yang sudah terlalu lama digunakan untuk kenyamanan pengguna perpustakaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Athok Fu'adi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:48
Last Modified: 19 Jun 2023 03:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24815

Actions (login required)

View Item View Item