Pengaruh Penggunaan Media Video Dan Strategi Small Group Discussion Terhadap Persepsi Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTs Miftahul Ulum Kradinan Madiun

Fitriana, Nadiya (2023) Pengaruh Penggunaan Media Video Dan Strategi Small Group Discussion Terhadap Persepsi Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTs Miftahul Ulum Kradinan Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
201190182_NADIYA FITRIANA_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Fitriana, Nadiya. 2023. Pengaruh Penggunaan Media Video dan Strategi Small Group Discussion Terhadap Persepsi Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Miftahul Ulum Kradinan Madiun Tahun. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. H. Moh. Miftachul Choiri, M.A.
Kata Kunci: Penggunaan Media Video, Strategi Small Group Discussion, Persepsi Berpikir Kritis, Sejarah Kebudayaan Islam
Berpikir kritis adalah berpikir dengan baik. Berpikir kritis merupakan sebuah proses yang terarah dan jelas yang digunakan dalam kegiatan mental seperti memecahkan masalah, mengambil keputusan, membujuk, menganalisis asumsi, dan melakukan penelitian ilmiah. Persepsi merupakan pengalaman tentang objek, peristiwa, atau hubungan-hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan. Dalam hal ini, guru perlu membantu siswa dalam mengembangkan persepsi dalam berpikir kritis melalui pemilihan strategi pembelajaran yang tepat. Berdasarkan hasil observasi diperoleh bahwa pada saat mata pelajaran berlangsung banyak siswa yang masih tidak fokus dalam pelajaran, ramai di kelas, berbicara sendiri dengan teman dibelakangnya. Hal ini dikarenakan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam masih menggunakan metode konvensional yaitu menggunakan metode ceramah.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penggunaan media video berpengaruh secara signifikan terhadap persepsi berpikir kritis pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas IX di MTs Miftahul Ulum Kradinan Madiun tahun ajaran 2022/2023, (2 ) Untuk mengetahui strategi small group discussion berpengaruh secara signifikan terhadap persepsi berpikir kritis pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas IX di MTs Miftahul Ulum Kradinan Madiun tahun ajaran 2022/2023, (3) Untuk mengetahui penggunaan media video dan strategi small group discussion berpengaruh secara signifikan terhadap persepsi berpikir kritis pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas IX di MTs Miftahul Ulum Kradinan Madiun tahun ajaran 2022/2023.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IX MTs Miftahul Ulum Kradinan Madiun yang berjumlah 45 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa (1) Penggunaan media video berpengaruh secara signifikan terhadap persepsi berpikir kritis pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam siswa kelas IX di MTs Miftahul Ulum Kradinan Madiun Tahun Ajaran 2022/2023. Besar nilai pengaruhnya adalah 17,8% dengan persamaan regresi Y = 11,861 + 0,384X1. (2) Strategi small group discussion berpengaruh secara signifikan terhadap persepsi berpikir kritis pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam siswa kelas IX di MTs Miftahul Ulum Kradinan Madiun Tahun Ajaran 2022/2023. Besar nilai pengaruhnya adalah 25,8% dengan persamaan regresi Y = 15,099 + 0,484X2. (3) Penggunaan media video dan strategi small group discussion berpengaruh secara signifikan terhadap persepsi berpikir kritis pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam siswa kelas IX di MTs Miftahul Ulum Kradinan Madiun Tahun Ajaran 2022/2023. Besar nilai pengaruhnya adalah 26,4% dengan persamaan regresi Y = 14,224 + 0,052X1 + 0,460X2.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:47
Last Modified: 19 Jun 2023 03:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24814

Actions (login required)

View Item View Item