Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di SMA Negeri 3 Ponorogo

Rahayu, Nita Dwi (2023) Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di SMA Negeri 3 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
206190054_NITA DWI RAHAYU_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rahayu, Nita Dwi, 2023. Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Peningkatakn Mutu Pembelajaran Di SMA Negeri 3 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dal Ilmu Keguruan Institute Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Dr. Muhammad Ghafar, M.Pd.I

Kata Kunci: Manajemen, Kurikulum Merdeka Belajar, Mutu Pembelajaran

Salah satu aspek yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan mutu pembelajaran yaitu dengan mengadakan pembaharuan terhadap kurikulum. Saat ini Kementerian Pendidikan Republik Indonesia telah mencetuskan kurikulum baru yang dinamakan dengan kurikulum merdeka belajar. Hal ini juga diterapkan di SMA Negeri 3 Ponorogo yang merupakan sekolah penggerak pada penerapan kurikulum Merdeka Belajar.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui perencanaan kurikulum merdeka belajar dalam peningkatan mutu pembelajaran di SMA Negeri 3 Ponorogo, (2) Untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum merdeka belajar dalam peningkatan mutu pembelajaran di SMA Negeri 3 Ponorogo, (3) Untuk mengetahui evaluasi kurikulum merdeka belajar dalam peningkatan mutu pembelajaran di SMA Negeri 3 Ponorogo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sedangkan teknik analisi data menggunakan model Miles Huberman dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data dan penyajian dan pengambilan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Perencanaan kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri 3 Ponorogo dilakukan pada bulan Juni 2022 yang melibatkan seluruh stackholder. Prosedur dimulai dengan menyiapkan berkas, SDM dan juga sarana dan prasaran yang kemudian hasil perencanaan diuploud ke laman. Acuan yang digunakan yaitu mengacu pada platform merdeka mengajar. (2) Prosedur pelaksanaan kurikulum merdek belajar memiliki empat tahap yaitu tahap awal, berkembang, siap dan mahir. Tahap awal merupakan tahap Menyusun alur pembelajaran, tahap berkembang adalah tahap melakukan penyesuaian terhadap alur pembelajaran, tahap siap adalah tahap guru Menyusun alur pembelajaran sesuai materi dan tahap mahir adalah tahap mengembangkan alur pembelajaran pada proses pembelajaran. Dalam penyusunan pembelajaran menggunakan modul ajar dan strategi yang digunakan dalam penerapannya yaitu ilmu yang diperoleh dari pelatihan. Sedangkan model pembelajaran siswa dituntut untuk aktif dan mandiri. (3) Evaluasi pelaksanaan kurikulum merdeka belajar dilaksanan dengan evaluasi secara formatif dan sumatif. Evaluasi formatif merupakan evaluasi yang dialkukan dengan menilai penilaian diri sedangkan evaluasi sumatif dilakukan dengan cara pemberian tugas terhadap siswa. Adanya tindak lanjut dalam penerapan kurikulum merdeka belajar juga sangat diharapkan. Pengembangan perlu dilakukan agar penerapan kurikulum merdeka belajar dapat dilaksanakan selanjutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ghafar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:47
Last Modified: 19 Jun 2023 03:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24813

Actions (login required)

View Item View Item