Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Ayah Mengapa Aku Berbeda dan Relevansinya dengan Buku Tematik Tema 2 Kelas 6 SD/MI

Yuniyanti, Risma Faizah (2023) Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Ayah Mengapa Aku Berbeda dan Relevansinya dengan Buku Tematik Tema 2 Kelas 6 SD/MI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203180104_Risma Faizah Yuniyanti_PGMI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Yuniyanti, Faizah Risma. 2023, Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Ayah Mengapa Aku Berbeda dan Relevansinya Dengan Buku Tematik Tema 2 Kelas 6 SD/MI.
Skripsi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Umi Rohmah, M.Pd.I.

Kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Novel Ayah Mengapa Aku Berbeda, Buku Tematik Tema 2 Kelas 6 SD/MI.

Pendidikan karakter di Indonesia dirasa perlu untuk dilakukan demi menjadikan manusia sebagai pribadi yang luhur dan berakhlak. Terutama, mereka yang masih duduk di bangku sekolah Dasar. Umumnya, mereka mengalami degradasi karakter atau kemerosotan karakter. Sebagai contohnya, kasus bullying, berbohong dan kurangnya sopan santun. Menjumpai nilai pendidikan karakter anak bangsa yang semakin porak-poranda dihantam zaman, perlu adanya penanaman nilai pendidikan karakter. Salah satu warisan bangsa yang menjadi sarana penanaman nilai pendidikan karakter adalah karya sastra. Novel mengandung rangkaian cerita kehidupan yang bisa dijadikan sarana penanaman nilai-nilai pendidikan karakter. Novel Ayah Mengapa Aku Berbeda banyak mengandung berbagai nilai-nilai pendidikan karakter yang cocok untuk membagun karakter anak SD/MI.
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Ayah Mengapa Aku Berbeda, (2) mendeskripsikan relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Ayah Mengapa Aku Berbeda pada buku Tematik tema 2 kelas 6 SD/MI.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kajian kepustakaan (library research) dengan menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Dalam pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi. Langkah-langkah analisi data sebagai berikut. (1) merumuskan tujuan analisis (2) pemilihan dan memfokukan pokok permasalahan (3) pengelompokan data sesuai permasalahan (4) penyajian data dalam bentuk diskripsi tentang nilai pendidikan karakter novel Ayah Mengapa Aku Berbeda (5) penganalisisan data kemudian ditarik kesimpulannya.
Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat 7 nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Ayah Mengapa Aku Berbeda yaitu: toleransi, disiplin, kerja keras, menghargai prestasi, gemar membaca, peduli sosial dan tanggung jawab. (2) terdapat 7 nilai-nilai pendidikan karakter yang telah ditemukan peneliti dalam novel Ayah Mengapa Aku Berbeda dan ada relevansinya dengan buku Tematik tema 2 kelas 6 SD/MI.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:45
Last Modified: 19 Jun 2023 03:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24809

Actions (login required)

View Item View Item