Manajemen Program Kesiswaan Dalam Pembentukan Budaya Islami di SMP Negeri 5 Ponorogo

Ziadah Annikmah, Efika (2023) Manajemen Program Kesiswaan Dalam Pembentukan Budaya Islami di SMP Negeri 5 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190137_Efika Ziadah Annikmah_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Annikmah, Efika Ziadah. 2023. Manajemen Program Kesiswaan Dalam Pembentukan Budaya Islami Di SMP Negeri 5 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Ahmad Sulton, M.Pd.I.
Kata Kunci: Manajemen Program Kesiswaan, Pembentukan Budaya Islami.
Setiap indivu pada dasarnya dibekali oleh Tuhan Yang Maha Esa melalui pembentukan karakter masing-masing peserta didik, namun tidak semua individu khususnya siswa mampu mengungkapkan pembentukan karakter yang melekat pada dirinya serta hambatan dalam proses peningkatan pembiasaan budaya islami. Dalam kondisi ini, individu membutuhkan bantuan tepat untuk mengungkap segala pembentukan budaya islami atau pembiasaan yang baik, yang ada didalam dirinya. Lembaga pendidikan merupakan salah satu solusi, adanya manajemen program kesiswaan di SMP Negeri 5 Ponorogo yang berfokus terhadap pembentukan budaya islami, dapat dijadikan langkah tepat peningkatan pembentukan karakter peserta didik secara komperhensif baik dari segi intelektual, emosi, fisik, maupun sosial. Bekal dari pembentukan karakter peserta didik melalui budaya islami tersebut nantinya dapat dijadikan peserta didik dalam menghadapi situasi di era globalisasi yang mengahadirkan teknologi informasi yang semakin canggih.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis : 1) Perencanaan program kesiswaan dalam pembentukan pembiasaan budaya islami, 2) Impelementasi program kesiswaan dalam pembentukan pembiasaan budaya islami, 3) Evaluasi program kesiswaan dalam pembentukan budaya islami.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang mana data yang yang dikumpulkan bukan berupa angka melaikan berupa naskah wawancara, catatan lapangan, gambar-gambar dalam memperoleh data yang lebih akurat. Maka dari itu peneliti menggunakan penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1) perencanaan program kesiswaan dalam pembentukan budaya islami di SMP Negeri 5 Ponorogo dilakukan oleh kepala sekolah, wakil kepada sekolah bidang kesiswaan, guru agama dan koordinator pembiasaan budaya islami di SMP Negeri 5 Ponorogo yaitu dengan melakukan rapat dan musyawarah di akhir tahun kegiatan pembiasaan budaya islami, 2) kemudian implementasi pembentuka budaya islami di SMP Negeri 5 Ponorogo sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan PERBUK yang di adakan oleh pemerintah, 3) serta evaluasi yang dilakukan di SMP Negeri 5 terkait pembiasaan budaya islami ini selalu mengadakan rapat evaluasi terkait peserta didik yang belum tertib dalam melaksanakan kegiatan pembentukan budaya islami di SMP Negeri 5 Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Sulton
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:31
Last Modified: 19 Jun 2023 03:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24806

Actions (login required)

View Item View Item