Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Profesional Guru di MAN 2 Ponorogo

Wardani, Ria Ayu Kusuma (2023) Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Profesional Guru di MAN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190163_RIA AYU KUSUMA WARDANI_MPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Wardani, Ria Ayu Kusuma. 2023. Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Profesional Guru di MAN 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Ahmad Sulton M.Pd.I.

Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Kepala Madrasah, Kinerja Profesional Guru

Kepemimpinan adalah salah satu sifat yang harus dan wajib dimiliki oleh seorang pemimpin. Salah satu bentuk kepemimpinan yang ada adalah kepemimpinan transformasional. Kepemimpinan Transformasional adalah suatu gaya kepemimpinan dimana seorang pemimpin dapat mempengaruhi dan membawa anggotanya kearah perubahan organisasi menjadi lebih baik. Jenis kepemimpinan ini dirasa cocok digunakan dalam sebuah lembaga madrasah, mengingat bahwa lembaga madrasah saat ini memiliki tingkat persaingan sangat ketat. Oleh karena itu, sebuah lembaga harus memiliki pelayanan pendidikan yang berkualitas, bermutu, dan sesuai dengan perkembangan zaman. Kunci dari semua itu adalah dari sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan memiliki kinerja baik. Kepala Madrasah harus dapat memimpin dan membawa anggotanya (guru dan karyawan) agar dapat terus mengaktualisasikan diri dan meningkatkan kinerja profesional serta kompetensi dalam mengajar maupun mengelola lembaga.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) idealized influence (pengaruh ideal), 2) inspirastional motivation (motivasi inspriratif), 3) intellectual stimulation (rangsangan intelektual) kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja professional guru di MAN 2 Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan memperoleh data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini meliputi Kepala Madrasah, Waka (Wakil Kepala) Humas, dan tenaga pendidik (guru) MAN 2 Ponorogo. Teknis analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga tahapan yakni, 1) kondensasi data (data condensation), 2) penyajian data (data display), 3) penarikan kesimpulan (conclusions drawing). Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan peningkatan ketekunan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) idealized influence (pengaruh ideal) kepala madrasah yaitu dapat menciptakan lingkungan madrasah yang positif, memiliki visi, misi, dan tujuan madrasah yang jelas, memiliki hubungan baik antar guru dan karyawan. 2) inspirastional motivation (motivasi inspriratif) kepala madrasah yaitu memiliki komunikasi yang lancar antar guru dan karyawan, menerapkan reward dan punishman, serta memiliki kebiasaan outbound atau tadabbur alam untuk menjaga kerja sama antar guru atau karyawan. 3) intellectual stimulation (rangsangan intelektual) kepala madrasah yaitu kegiatan workshop atau diklat serta rapat atau sharing musyawarah mengenai persoalan madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Sulton
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2023 02:04
Last Modified: 19 Jun 2023 02:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24798

Actions (login required)

View Item View Item