Pesan Religius Dalam Film Cinta Subuh Karya Indra Gunawan

Dewati, Cindy Arista (2023) Pesan Religius Dalam Film Cinta Subuh Karya Indra Gunawan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190050_CINDY ARISTA DEWATI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Dewati, Cindy Arista. 2023. Pesan Religius dalam Film Cinta Subuh Karya Indra Gunawan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Afif Syaiful Mahmudin, M.Pd.I.
Kata Kunci : Pesan Religius, Konflik, Film Cinta Subuh
Pendidikan agama Islam tidak hanya didapat dari seorang pendidik, tetapi juga dari media massa cetak maupun media massa elektronik. Media mempunyai peran penting dalam menyampaikan beberapa pesan dalam proses pembelajaran, hal ini disebabkan media saat ini sudah semakin maju dan beragam jenisnya. Jika dahulu proses penyampaian pendidikan agama Islam berupa lisan dan tulisan, maka di era modern ini menggunakan berbagai media yang maju dan beragam. Salah satu media massa yang banyak menyampaikan beberapa pesan, yaitu film. Salah satu film yang mengandung unsur keislaman, yaitu film Cinta Subuh karya Indra Gunawan. Film ini menceritakan tentang pemeran utama yang bernama Angga dan Ratih melakukan pacaran. Pacaran yang mereka maksud adalah memiliki hubungan serta komitmen serius dan tidak melakukan hal-hal seperti bersentuhan tangan atau berpelukan. Padahal hal tersebut juga termasuk perbuatan zina. Setelah berpacaran, mereka akhirnya putus dan memperbaiki diri. Mereka memohonan ampunan kepada Allah dengan menjalankan kewajibannya sebagai seorang muslim. Pada akhirnya Angga dan Ratih kembali bersama dengan ikatan yang halal. Dalam film ini pelajaran yang dapat diambil ialah jika kita fokus beribadah dan memperbaiki diri agar lebih baik, maka urusan kita akan dipermudah.
Penelitian ini mempunyai rumusan masalah, yaitu (1) bagaimana konflik hubungan tokoh Angga dan Ratih dalam film Cinta Subuh karya Indra Gunawan?; dan (2) apa pesan religius yang terkandung dalam film Cinta Subuh karya Indra Gunawan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) konflik hubungan tokoh Angga dan Ratih dalam film Cinta Subuh karya Indra Gunawan; dan (2) pesan religius yang terkandung dalam film Cinta Subuh karya Indra Gunawan.
Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif berjenis library research. Sumber data yang digunakan peneliti adalah film Cinta Subuh karya Indra Gunawan. Pengambilan data dilakukan dengan mengumpulkan dokumen tertulis maupun dokumen terekam. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis semiotika Ferdinand de Saussure yang menitikberatkan pada signifier (penanda) dan signified (petanda).
Berdasarkan hasil analisis data dalam film Cinta Subuh karya Indra Gunawan terdapat beberapa hasil penelitian antara lain (1) terdapat konflik internal tokoh Angga, yaitu tidak salat subuh, putus cinta, galau setelah putus cinta, mengajak kenalan perempuan yang bukan muhrim, kurang taat beragama, dan melanggar syarat pacaran. Konflik internal tokoh Ratih, yaitu tidak ingin berpacaran, lelah dengan keadaan, kecewa, dan harapan yang tidak sesuai, terdapat konflik eksternal hubungan tokoh Angga dan Ratih adalah berpacaran, putus, tidak jadi menikah dengan orang lain, dan bersatu kembali dengan ikatan halal; dan (2) terdapat pesan religius dalam film Cinta Subuh karya Indra Gunawan, yaitu menjalankan ibadah salat, larangan mendekati zina, bertaubat (memohon ampunan), istiqomah, ikhlas, amanah, sabar, dan jilbab sebagai penutup aurat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2023 08:34
Last Modified: 16 Jun 2023 08:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24791

Actions (login required)

View Item View Item