Teologi Lingkungan Dalam Perspektif Ibn 'Arabi (Studi Tafsir Ayat-Ayat Lingkungan)

Rosyid, Muhammad (2023) Teologi Lingkungan Dalam Perspektif Ibn 'Arabi (Studi Tafsir Ayat-Ayat Lingkungan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
3 E-TESIS.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Rosyid, Muhammad. 2023. Teologi Lingkungan Dalam Perpektif Ibn ‘Arabī (Studi Tafsir Ayat-Ayat Lingkungan). Skripsi. Jurusan Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir Fakultas Ushhuluddin, Adab, Dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing, Irma Rumtianing, UH, M.S.I
Kata kunci : Teologi, Lingkungan, Ibn ‘Arabi.

Permasalahan umum yang diangkat peneliti disini adalah fenomena yang berkaitan dengan kerusakan lingkungan akkibat ulah tangan manusia modern. Perilaku tersebut merupakan antroposentris yang berpandangan bahwa manusia merupakan pusat alam semesta, dan hanya manusia yang memiliki nilai, sementara alam dan segala isinya hanya digunakan sebagai alat bagi pemuas kepentingan dan kebutuhan hidup manusia. Untuk itu pemahaman wahdat al-wujud ibn ‘arabi bisa diaplikasikan terhdaap pembinaan moral, mengajarkan tentang kesadaran manusia untuk meningkatkan spiritual dalam diri manusia. Maka dalam penelitian ini penulis bertujuan untuk: pertama, menjelaskan teologi lingkungan menurut wahdat al-wujud. Kedua, menjelaskan relevansi teologi lingkungan perspektif al-qur’an dan Ibnu ‘Arabī dengan konteks kekinian.
Penelitian ini termasuk kepustakaan (library reseach). Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif analisis yaitu mendiskripsikan data yang telah dikumpulkan, kemudian menganalisa untuk menemukan jawaban yang dapat mendekati persoalan yang dikemukakan, dianalisa sebelum dituangkan kedalam sebuah gagasan. Menggali data dari buku atau karya tulis yang membahas pemikiran Ibnu ‘Arabi seperti buku karangan dari Hamzah Harun Ar-Rasyid yang berjudul “Pandangan Sufistik Ibnu ‘Arabi Studi Tentang Wahdat Al-Wujud Dan Phanteisme” sebagai data primer. Serta dari buku-buku, jurnal, skripsi dan yang lainnya sebagai data sekunder. Untuk mendapatkan kesimpulan bagaimana teologi lingkungan dalam perpektif Ibnu ‘Arabi.
Wahdat al-wujūd menjelaskan bahwa wujud selain Tuhan itu ada karena adanya Tuhan. Alam dengan keanekaragamannya tidak lain sebagai manifestasi dari wujud yang satu. Alam dan wujud yang tunggal diilustrasikan melalui “wajah” dengan wajah yang ada pada beberapa cermin. Wujud yang tunggal bisa dilihat dalam beberapa cermin yang ada.”
Pandangan mufassir manusia sebagai khalifatullah (pengganti Allah) di bumi selaras dengan metode wahdat al-wujud dari Ibnu ‘Arabī yaitu menumbuhkan rasa spiritualitas diri manusia untuk menjaga dan merawat alam serta lingkungan layaknya menghargai sesama, yakni menghargai sesama makhluk Allah SWT. Relevansi dari penelitian ini mengimplementasikan spirit wahdatul wujud dalam upaya pelestarian dan penjagaan lingkungan yang berangkat dari kesadaran keimanan bahwa Tuhan, manusia dan alam semesta (lingkungan) adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: irma Rumtianing Uswatul Hanifah
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2023 08:35
Last Modified: 16 Jun 2023 08:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24787

Actions (login required)

View Item View Item