Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning (BBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 di SDN Singgahan 01 Kec. Kebonsari Kab. Madiun

A'yun, Arrina Qurota (2023) Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning (BBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 di SDN Singgahan 01 Kec. Kebonsari Kab. Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190015_Arrina Qurota A'yun_Skrisi.pdf

Download (1MB)

Abstract

A’yun, Arrina Qurota. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning (BBL) Untuk Meningkatkan Kualitas Menulis Permulaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Di SDN Singgahan 01. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Ayunda Riska Puspita, M.A.

Kata Kunci: Brain Based Learning (BBL), menulis permulaan, Bahasa Indonesia

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis permulaan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 1 di SDN Singgahan 01. Hal ini disebabkan karena guru kelas 1 SDN Singgahan masih menggunakan model pembelajaran konvensional (metode ceramah). Model ceramah juga berpengaruh pada menulis permulaan siswa kelas 1 SDN 01 singgahan karena anak yang duduk di bangku kelas rendah menyukai kegiatan yang dilakukan secara langsung (praktik). Berdasarkan kenyataan yang demikian, perlu adanya alternatif dalam melakukan proses pembelajaran diantaranya dengan menerapkan model pembelajaran brain based learning (BBL) yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa.
Tujuan dari penelitian ini, yaitu (1) mendeskripsikan proses pelaksanaan model pembelajaran brain based learning (BBL) untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada siswa kelas 1, dan (2) menganalisis peningkatan kemampuan menulis permulaan siswa dengan menggunakan model pembelajaranBrain Based Learning (BBL) pada siswa kelas 1. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi serta teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa, pertama dalam proses pelaksanaan model pembelajaran BBL di siklus 1 terdapat kegiatan yang belum efektif dengan persentase nilai 50% dan 50% lainnya kegiatan yang sudah efektif, hal tersebut terjadi karena siswa belum terbiasa dengan model BBL sehingga siswa merasa aneh dan kondisi kelas belum terkontrol. Terjadi peningkatan di siklus 2 dengan persentase nilai 90% kegiatan yang sudah efektif dan 10% kegiatan yang belum efektif, pada siklus 2 siswa mulai paham dengan penerapan model BBL dan mengikuti pembelajaran sesuai rencana pembelajaran. Kedua kemampuan menulis permulaan siswa mengalami peningkatan per siklunya, hal ini dapat dibuktikan dari hasil penelitian tindakan kelas pada tahap pra penelitian terdapat nilai rata-rata 71,5 dengan rincian persentase nilai 25% kategori tuntas, dan 75% kategori belum tuntas. Pada siklus I meningkat nilai rata-rata menjadi 72,5 yang awalnya 71,5 dengan rincian persentase nilai 62,5% kategori tuntas, dan 37,5% kategori belum tuntas. Hasil kemampuan menulis permulaan di siklus I sudah meningkat tapi belum berhasil sehingga perlu mengulang di siklus II. Terjadi peningkatan pada siklus 2 memperoleh nilai rata-rata 95 dengan rincian persentase nilai 100% kategori tuntas, dan 0% kategori tidak tuntas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2023 08:38
Last Modified: 16 Jun 2023 08:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24784

Actions (login required)

View Item View Item