Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Pada Siswa MTs N 3 Ponorogo

Wahyu, Lutfi Ansori (2023) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Pada Siswa MTs N 3 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
201190471_WAHYU LUTFI ANSORI_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Ansori, Wahyu Lutfi. 2023. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Pada Siswa MTs N 3 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Muhammad Ali, M.Pd.
Kata Kunci: Perilaku Bullying, Siswa, Guru PAI.
Tindakan bullying merupakan salah satu problematika yang terjadi di kalangan peserta didik. Bullying merupakan perilaku agresif yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok yang dilakukan secara berulang-ulang dengan tujuan menyakiti korban. Terkait dengan tindakan bullying guru PAI harus berperan aktif dalam mengatasinya, karena berperan dalam menanamkan nilai-nilai moral dan spiritual siswa, selain itu juga pembinaan akhlak siswa agar terbentuk karakter siswa yang baik dan supaya dalam keseharian siswa mampu menunjukkan perilaku yang berakhlak mulia. Seperti yang ditemukan di MTs N 3 Ponorogo, bahwa ada beberapa siswa melakukan tindakan bullying, sehingga guru PAI harus berperan untuk mengatasi hal tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, mengetahui dan memahami: (1) Bentuk perilaku bullying siswa di MTs N 3 ponorogo, (2) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi perilaku bullying di MTsN 3 Ponorogo, (3) Faktor pendukung dan penghambat upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi perilaku bullying di MTsN 3 Ponorogo.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat studi lapangan (field research) dan menggunakan model penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini dengan Waka kesiswaan, guru PAI, guru BK, dan beberapa siswa yaitu lima siswa MTs N 3 Ponorogo sebagai sumber data. Sedangkan untuk teknis analisis data dilakukan dengan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Bentuk-bentuk perilaku bullying siswa yang ada di MTs Negeri 3 Ponorogo dapat dikelompokkan menjadi 3 macam yaitu yang pertama bullying secara verbal seperti memanggil nama temannya dengan sebutan orang tua, mengolok-olok, dan berkata kotor, yang kedua bullying secara fisik seperti menjegal kaki, menarik jilbab, memukul dan menendang, dan yang terakhir bullying secara relasional seperti mengucilkan dan menjauhi. (2) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dan hasilnya dalam mengatasi perilaku bullying siswa di MTs Negeri 3 Ponorogo yaitu dengan memberikan edukasi atau sosialisasi, memberikan nasehat, pembiasaan program-program keagamaan, membei contoh atau teladan yang baik, memberi dukungan kepada korban bullying, memberikan hukuman kepada pelaku bullying. (3) Faktor pendukung guru PAI dalam mengatasi bullying yaitu kesadaran warga madrasah untuk menerapkan nilai-nilai agama, mata pelajaran PAI yang kaya akan nilai, kerja sama dan koordinasi antar warga madrasah. Sedangkan untuk faktor penghambat guru PAI dalam mengatasi perilaku bullying yaitu faktor lingkungan yaitu keluaga dan pergaulan siswa, dan pengaruh negatif dari teknologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2023 08:39
Last Modified: 16 Jun 2023 08:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24783

Actions (login required)

View Item View Item