Pengaruh Sarana Prasarana dan Lingkungan Sekolah terhadap Motivasi Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes Tahun 2022/2023

Putri, Rike Puji Amelia (2023) Pengaruh Sarana Prasarana dan Lingkungan Sekolah terhadap Motivasi Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes Tahun 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190236_RIKE PUJI AMELIA PUTRI_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Putri, Rike Puji Amelia. 2023. Pengaruh Sarana Prasarana dan Lingkungan Sekolah terhadap Motivasi Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes Tahun 2022/2023. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Andhita. Dessy Wulansari, M.Si.

Kata Kunci: Sarana Prasarana, Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar

Motivasi belajar merupakan suatu keadaan yang terdapat pada diri seseorang individu dimana ada suatu dorongan untuk melakukan sesuatu guna mencapai tujuan. Keberhasilan proses belajar mengajar dipengaruhi oleh motivasi belajar siswa. Namun realitanya di zaman sekarang ini banyak peserta didik yang kurang memiliki motivasi belajar dalam dirinya. Berdasarkan hasil observasi wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan beberapa siswa kelas VIII di lembaga MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes Ponorogo diperoleh informasi bahwa saat pembelajaran Akidah Akhlak berlangsung mereka merasa ngantuk dan bosan bahkan sebagian ada yang tidur, kurangnya motivasi belajar tersebut disebabakan oleh beberapa faktor yaitu diantaranya sarana prasarana dan lingkungan sekolah yang perlu mendapatkan perhatian.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui signifikansi pengaruh sarana prasarana terhadap motivasi belajar akidah akhlak siswa kelas VIII MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes tahun ajaran 2022/2023; (2) mengetahui signifikansi pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar akidah akhlak siswa kelas VIII MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes tahun 2022/2023; (3) mengetahui signifikansi pengaruh sarana prasarana dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar akidah akhlak siswa kelas VIII MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes tahun ajaran 2022/2023.
Menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis Expost Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes yang berjumlah 53 siswa. Dalam pengambilan sampel di penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel sampling jenuh,dimana peneliti mengambil seluruh jumlah populasi untuk dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni angket/kuesioner dan dokumentasi. Tekhnik analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda.
Berdasarkan dari analisis data ditemui bahwa: (1) Sarana prasarana berpengaruh secara signiifkan terhadap motivasi belajar Akidah Akhlak siswa kelas VIII MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes dengan prosentase, 68,7% (2) Lingkungan sekolah berpengaruh secara signiifkan terhadap motivasi belajar Akidah Akhlak siswa kelas VIII MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes dengan prosentase, 42,5%; (3) Sarana prasarana dan lingkungan sekolah berpengaruh secara signiifkan terhadap motivasi belajar Akidah Akhlak siswa kelas VIII MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes dengan prosentase, 76,3%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2023 08:39
Last Modified: 16 Jun 2023 08:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24776

Actions (login required)

View Item View Item