Manajemen Kegiatan Ekstrakulikuler Dalam Meningkatkan Minat Dan Bakat Peserta Didik Di SMKN 2 Ponorogo

Nastitin.S, Shinta Fitria Dwi (2023) Manajemen Kegiatan Ekstrakulikuler Dalam Meningkatkan Minat Dan Bakat Peserta Didik Di SMKN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
206190169_ Shinta Fitria Dwi Nastitin S._Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Nastitin.S, Shinta Fitria Dwi Nastitin.S, 2023, Manajemen Kegiatan Ekstrakulikuler dalam Meningkatkan Minat dan Bakat Peserta Didik di SMKN 2 Ponorogo, Skripsi, Jurusan Manajemem Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo; Dr.Ahmad Sulton, M.Pd.I
Kata Kunci: Manajemen, Ekstrakulikuler, Mningkatkan Minat dan Bakat Peserta Didik
Ekstrakulikuler merupakan salah satu kegiatan non akademik yang ada di sekolah yang membantu peserta didik dalam meningkatkan bakat yang dimiliki oleh peserta didik dan dalam pelaksanaanya dilakukan diluar jam kegiatan akademik. Kegiatan ekstrakulikuler ini juga membantu peserta didik yang nantinya dapat membantu peserta didik dalam mengembangkan bakat nya sehingga ketika sudah lulus nantinya dapat dilebih dikembangkan lagi. Sebelum pelaksanaan suatu kegiatan maka dibutuhkan manajemen terlebih dahulu, manajemen dalam suatu kegiatan sangat membantu terlaksananya suatu kegiatan ekstrakulikuler. Manajemen dalam kegiatan ekstrakulikuler merupakan suatu prose yang mana membutuhkan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dengan adanya manajemen ini maka semua tahapan dalam kegiatan ekstrakulikuler dapat terlaksana dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana manajemen kegiatan ekstrakulikuler dalam meningkat minat dan bakat peserta didik di SMKN 2 Ponorogo dan implementasi manajamen kegiatan ekstrakulikuler dalam meningkatkan minat dan bakat peserta didik di SMKN 2 Ponorogo.
Metode dalam penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, dengan memperoleh data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sumber data wawancara dalama penelitian ini antara lain waka kesiswaan, staf waka kesiswaan, guru, pelatih/Pembina dan peserta didik, Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan tiga tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian menggunakan trigulasi data dan perpanjang pengamatan. Adapun subjek dalam penelitian ini, Waka Kesiswaan, Pembina, pelatih dan peserta didik SMKN 2 Ponorogo.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Dalam hal perencanaan yang di kegiatan ekstarkulikuler SMKN 2 Ponorogo sudah dilakukan dengan baik dan terstruktur dengan mempersiapkan alat-alat yang menujang kegiatan ekstrakulikuler, jadwal kegiatan ekstrakulikuler, formulir pendaftaran, menentukan pelatih dan pembina. 2) Dalam hal pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler sudah sesuai dengan apa yang sudah direncanakan pada perencanaan sehingga kegiatan ekstrakulikuler yang ada di SMKN 2 Ponorogo dapat terlaksana dengan baik. 3) Sedangkan untuk evaluasi kegiatan ekstrakulikuler dilaksanakan setiap akhir semester dan dilakukan oleh waka kesiswaan, kepala sekolah, dan koordinasi kegiatan ekstrakulikuer. Evaluasi juga dilakukan oleh pelatih setiap pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Sulton
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2023 08:42
Last Modified: 16 Jun 2023 08:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24771

Actions (login required)

View Item View Item