PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS KELAS 7 MTS DARUSSALAM KEDUNGGALAR NGAWI

Khasanah, Asih Fitria Ainin (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS KELAS 7 MTS DARUSSALAM KEDUNGGALAR NGAWI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201190038_ASIH FITRIA AININ KHASANAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Khasanah, Asih Fitria Ainin. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Contextual
Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa
pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas 7 MTs Darussalam
Kedunggalar Ngawi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing, Fata Asyrofi Yahya, M.Pd.I.
Kata Kunci: Prestasi Belajar, Model Pembelajaran, Contextual Teaching and
Learning (CTL).
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya prestasi belajar siswa pada
mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas 7 di MTs Darussalam Kedunggalar Ngawi.
Hal ini disebabkan karena pembelajaran tidak dikemas dengan model pembelajaran
yang menarik, guru hanya menggunakan metode ceramah saat kegiatan
pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran yang masih monoton dan hanya
berpusat pada guru, akan mengakibatkan siswa menjadi pasif dalam mengikuti
kegiatan pembelajaran akibatnya berdampak pada prestasi belajar siwa yang tidak
maksimal. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan
menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada
mata pelajaran Al-Qur’an Hadis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran
Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan prestasi belajar
siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas 7 di MTs Darussalam
Kedunggalar Ngawi dan untuk mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran
Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan prestasi belajar
siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas 7 di MTs Darussalam
Kedunggalar Ngawi.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang pada tiap
siklusnya terdiri dari empat tahap, yaiti perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 7 MTs Darussalam
Kedunggalar Ngawi yang berjumlah 22 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan model
pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran Al-
Qur’an Hadis kelas 7 di MTs Darussalam Kedunggalar Ngawi yaitu dengan
memberikan tanyang video tentang meteri pembelajaran, kemudian dibagi
kelompok untuk diberi tugas mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata.
(2) penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini di ketahui dari hasil post test prestasi
belajar siswa. Persentase prestasi belajar mengalami peningkatan di setiap
siklusnya, pada pra siklus siswa yang berada di kategori tuntas sebesar 45%,
selanjutnya pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 68%, dan mengalami
peningkatan lagi pada siklus II menjadi 86% dari jumlah total siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fata Asyrofi Yahya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2023 08:31
Last Modified: 16 Jun 2023 08:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24758

Actions (login required)

View Item View Item