...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN/SCAN FULL SATU LEMBAR PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Quran Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Emosional Siswa Di SMPN 1 Siman Ponorogo

Ilham, Lathifian Achmadi (2023) ...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN/SCAN FULL SATU LEMBAR PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Quran Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Emosional Siswa Di SMPN 1 Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
201190393_LATHIFIAN ACHMADI ILHAM_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ilham, Lathifian Achmadi. 2023. Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Quran Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Emosional Siswa di SMPN 1 Siman Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dra. Aries Fitriani, M.Pd

Kata Kunci: Program Tahfidz, Kecerdasan Emosional

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh manfaat dan juga hal positif yang didapat dalam mempelajari dan juga menghafal Al-quran terutama pada siswa yang masih remaja dan juga dalam dunia pendidikan dalam menumbuhkan kecerdasan emosioanal siswa. Maka SMPN 1 Siman Ponorogo berusaha dalam menumbuhkan kecerdasan emosional melaui program tahfidz Al-Quran.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan strategi pelaksanaan program tahfidz Al-quran dalam menumbuhkan kecerdasan emosional di SMPN 1 Siman Ponorogo; (2) menganalisis media yang digunakan pada pelaksanaan program tahfidz Al-Quran dalam menumbuhkan kecerdasan emosional di SMPN Siman Ponorogo; (3) mengungkap bagaiamana kontribusi program tahfidz dalam menumbuhkan kecerdasan emosional siswa di SMPN 1 Siman Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data hasil penelitian kemudian dianalisis yang terdiri dari tiga tahap meliputi reduksi data, pemaparan data dan yang terakhir pengembalian kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) dalam pelaksanaan program tahfidzharus melalui pengelolaan, penyusunan struktur organisasi yang sesuai dengan tujuan, sumber,dan lingkungan. Perencanaan akan dilakukan oleh pengelola, program yang dijalankan dibagi menjadi dua tingkatan kelas tahfidz dan juga iqra. Kelas tahfidz ditujukan untuk siswa yang sudah lancar dalam membaca Al-quran dan kelas iqra ditujukan untuk siswa yang belum lancar dalam membaca Al-quran. setiap akhir semester akan diadakan evalusi sebagai bentuk memperbaiki dan juga mengembangkan program yang dijalankan. (2) media yang digunakan dalam pembelajaran program tahfidz di SMPN 1 Siman ponorogo menggunakan media Al-quran, Iqra dan Jus Amma. Media Al-quran dan jus Amma digunakan untuk proses menghafal Al-Quran untuk kelas tahfidz, dan media Iqra digunakan untuk kelas iqra. (3) Kontribusi program tahfidz dalam menumbuhkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa di SMPN 1 Siman Ponorogo, siswa yang mengikuti kegiatan tahfidz dengan tekun dari segi kecerdasan emosional akan tumbuh pada diri mereka sikap tanggung jawab, sikap kepedulian atau empati dan juga memecahkan masalah. Kecerdasan emosional juga menumbuhkan sikap kejujuran, kedisiplinan yang baik pada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aries Fitriani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2023 03:20
Last Modified: 16 Jun 2023 03:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24748

Actions (login required)

View Item View Item