Penanaman Nilai-nilai Kedisiplinan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MIM Gesing Kismantoro Wonogiri

Yusron, Muhammad (2023) Penanaman Nilai-nilai Kedisiplinan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MIM Gesing Kismantoro Wonogiri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190275_MUHAMMAD YUSRON_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam rangka mencapai dasar tujuan pendidikan yang optimal maka siswa harus memiliki motivasi belajar sebagai suatu pendorong yang mengubah energi dalam diri seseorang kedalam bentuk aktivitas nyata untuk mencapai tujuan tertentu. Motivasi belajar tidak selalu timbul dalam diri siswa, ada sebagian siswa yang mempunyai motivasi yang tinggi, ada juga yang rendah. Berhasil tidaknya proses belajar mengajar tergantung dari faktor dan kondisi yang mempengaruhi proses belajar mengajar. Faktor dan kondisi yang mempengaruhi proses belajar sesungguhnya banyak sekali macamnya, salah satunya adalah kurang disiplinnya siswa. Dari sini penanaman nilai-nilai kedisiplinan menjadi hal yang menarik untuk dikaji sebagai upaya peningkatan motivasi belajar siswa.
Tujuan dari penelitin ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penanaman nilai-nilai kedisiplinan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V di MIM Gesing kecamatan Kismantoro Kabupaten Wonogiri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif analisis, yakni penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati, sehingga metode pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik kualitatif dengan empat komponen: collection, reduksi, display dan conclusion.
Dalam penelitian ini ditemukan bahwa perencanaan penanaman nilai-nilai kedisiplinan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V di MIM Gesing dirumuskan dengan cara menyusun program yang ingin dicapai, membentuk tim ketertiban dan menyusun peraturan yang berkaitan dengan ketertiban. Pelaksanaan penanaman nilai-nilai kedisiplinan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V di MIM Gesing tersebut guru memiliki peran pokok, di mana guru kelas V telah memberikan sosialisasi, melakukan pengawasan, memberikan teladan, memberikan nasihat, memberikan hukuman, pembiasaan beribadah secara rutin, dan memberikan penghargaan kepada siswa. Guru kelas V MIM Gesing melakukan evaluasi dengan cara mencatat apa yang terjadi selama proses pembelajaran yang mencakup tekun menghadapi tugas, ulet menghadapi kesulitan, menunjukkan minat, lebih senang bekerja mandiri, tidak cepat bosan pada tugas, dapat mempertahankan pendapat, tidak mudah melepas hal yang diyakini dan senang mencari dan memecahkan masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lukman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2023 03:17
Last Modified: 16 Jun 2023 03:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24740

Actions (login required)

View Item View Item