Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah dan Koleksi Buku Perpustakaan terhadap Minat Baca Peserta Didik Kelas IV SDN I Bandar, Pacitan

Awaludin, Rizky (2023) Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah dan Koleksi Buku Perpustakaan terhadap Minat Baca Peserta Didik Kelas IV SDN I Bandar, Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190091_RIZKY AWALUDIN_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Minat baca merupakan keinginan yang kuat disertai usaha-usaha seseorang untuk membaca. Dalam menumbuhkan minat baca, sekolah perlu menerapkan program yang dapat membiasakan kegiatan literasi bagi peserta didik, agar membaca tidak hanya dijadikan sebagai kewajiban, namun sebagai kebutuhan. Salah satu program yang dapat diterapkan untuk menumbuhkan minat baca adalah gerakan literasi sekolah. Gerakan literasi sekolah merupakan aksi kolaboratif antara sekolah dengan publik yang bertujuan untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang literat. Dalam penerapan GLS ini, perpustakaan sebagai sarana literasi utama di sekolah juga berperan penting. Oleh karena itu, selain menerapkan program literasi, optimalisasi koleksi buku perpustakaan juga diperlukan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik. Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilakukan, minat baca peserta didik di kelas IV SDN I Bandar, Pacitan tergolong masih rendah. Hal ini dapat dilihat ketika waktu istirahat, sangat jarang peserta didik yang mau mengunjungi perpustakaan dan lebih memilih untuk
bermain.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap minat baca peserta didik kelas IV SDN 1 Bandar, Pacitan, 2) mendeskripsikan pengaruh` koleksi buku perpustakaan terhadap` minat baca peserta didik kelas IV SDN 1 Bandar, Pacitan, 3) mendeskripsikan pengaruh gerakan literasi sekolah dan koleksi buku perpustakaan terhadap `minat baca peserta didik kelas IV SDN 1 Bandar, Pacitan.
Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV A dan IV B SDN I Bandar, Pacitan. Adapun jumlah sampel yang digunakan yaitu 33 peserta didik yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan dokumentasi, kemudian data dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana dan regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa 1) gerakan literasi sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap minat baca peserta didik dengan persentase sebesar 50%. 2) koleksi buku perpustakaan berpengaruh secara signifikan terhadap minat baca peserta didik dengan persentase sebesar 48,5%. 3) gerakan literasi sekolah dan koleksi buku perpustakaan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat baca peserta didik dengan persentase sebesar 81,3%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Farida Yufarlina Rosita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2023 03:15
Last Modified: 16 Jun 2023 03:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24736

Actions (login required)

View Item View Item