Strategi Promosi Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Kuantitas Peserta Didik Baru di SDIT Darul Falah Sukorejo Ponorogo

Nisak, Mila Hidayatun (2023) Strategi Promosi Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Kuantitas Peserta Didik Baru di SDIT Darul Falah Sukorejo Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190099_MILA HIDAYATUN NISAK_MPI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Nisak, Mila Hidayatun. 2023. Strategi Promosi Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Kuantitas Peserta Didik Baru di SDIT Darul Falah Sukorejo Ponorogo. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Fata Asyrofi Yahya, M.Pd.I.
Kata Kunci: Strategi Promosi, Jasa Pendidikan, Peserta Didik
Persaingan dalam dunia pendidikan menjadi hal yang tak terelakkan, karena semakin bertambahnya jumlah sekolah secara otomatis dapat meningkatkan persaingan antar lembaga. Dengan demikian, strategi promosi penting untuk dilakukan guna meningkatkan minat dan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga sekolah di tengah ketatnya persaingan antar lembaga sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis penerapan strategi promosi jasa pendidikan dalam meningkatkan peserta didik baru; (2) mendeskripsikan bentuk strategi promosi jasa pendidikan dalam meningkatkan peserta didik baru; dan (3) mengukur keberhasilan penerapan strategi promosi jasa pendidikan dalam meningkatkan peserta didik baru.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data penelitian berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini antara lain Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Digital Marketing, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan Ketua PSB (Penerimaan Siswa Baru). Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan peningkatan ketekunan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa: (1) penerapan strategi promosi jasa pendidikan dalam meningkatkan kuantitas peserta didik baru; a) Pelaksana: kepala sekolah bereperan sebagai leader dan motivator, selain itu promosi juga dilakukan oleh tim PSB (penerimaan siswa baru), guru, karyawan, serta wali murid. b) Kegiatan promosi dilakukan tanpa henti dan tentunya ketika tahun ajaran baru akan dimulai. Pendaftaran dibuka melalui gelombang inden (1 Juli–1 Agustus), gelombang 1 (1 Agustus-30 Desember) dan gelombang 2 (1 Januari-31 Mei). c) Strategi promosi dilakukan dengan menggunakan media online seperti Instagram, facebook, youtube, tiktok, via whatsapp dan website. Kemudian, juga menggunakan media offline yaitu kunjungan ke TK dan membagikan brosur di jalan baru pada saat CFD (car free day). SDIT Darul Falah juga memberikan diskon pendaftaran gelombang inden, serta memberikan pelayanan yang baik kepada calon pelanggan jasa pendidikan. (2) bentuk strategi promosi jasa pendidikan dalam meningkatkan kuantitas peserta didik baru dengan menggunakan empat bauran promosi yaitu advertising (periklanan), personal selling (pendekatan perseorangan), public relation (hubungan masyarakat) dan sales promotion (promosi penjualan). (3) keberhasilan penerapan strategi promosi jasa pendidikan dalam meningkatkan kuantitas peserta didik baru menunjukkan adanya peningkatan jumlah peserta didik di setiap tahunnya, dalam hal ini peneliti melihat jumlah peserta didik pada enam tahun terakhir.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fata Asyrofi Yahya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2023 03:12
Last Modified: 16 Jun 2023 03:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24733

Actions (login required)

View Item View Item