..(UPLOAD ULANG DALAM FORMAT PDF TANPA WPS OFFICE)..Strategi Kepala Sekolah dalam Membangun Karakter Cinta Tanah Air Siswa Melalui Program Budaya Nasionalis di SMKN 1 Ponorogo

Rodiana, Makrifatu (2023) ..(UPLOAD ULANG DALAM FORMAT PDF TANPA WPS OFFICE)..Strategi Kepala Sekolah dalam Membangun Karakter Cinta Tanah Air Siswa Melalui Program Budaya Nasionalis di SMKN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
206190152_MAKRIFATU RODIANA_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (31MB)

Abstract

Rodiana, Makrifatu. 2023. Strategi Kepala Sekolah dalam Membangun Karakter Cinta Tanah Air Siswa Melalui Program Budaya Nasionalis di SMKN 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Nur Rahmi Sonia M.Pd.I.
Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, Cinta Tanah Air, Budaya Nasionalis
Di era globalisasi saat ini banyak budaya asing yang keluar masuk dan banyak generasi muda yang mulai terpengaruh dengan kehadiran budaya baru tersebut, seperti lebih menyukai gaya dunia barat, lebih hafal lagu-lagu barat dari pada lagu-lagu daerah, bahkan dalam lingkungan sekolah terdapat siswa yang berbuat curang seperti mentontek, dan terlambat berangkat ke sekolah. Hal tersebut terjadi karena kurangnya rasa cinta tanah air yang dimiliki oleh peserta didik. Untuk itu perlunya penanaman karakter cinta tanah air sejak dini untuk peserta didik, agar peserta didik tidak kehilangan identitasnya dalam hal nasionalis. Kedudukan kepala sekolah memiliki peranan penting sebagai pemimpin khususnya dalam pembangunan karakter cinta tanah air siswa melalui budaya nasionalis. Dalam menjalankan perannya kepala sekolah juga harus memiliki strategi-strategi untuk mencapai programnya.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini : (1) untuk mengetahui dan menjelaskan bentuk strategi kepala sekolah dalam membangun karakter cinta tanah air siswa melalui program budaya nasionalis di SMKN 1 Ponorogo, (2) untuk mengetahui dan menjelaskan implementasi strategi dalam membangun karakter cinta tanah air siswa melalui program budaya nasionalis di SMKN 1 Ponorogo, (3) untuk mengetahui dan menjelaskan implikasi strategi dalam membangun karakter cinta tanah air siswa melalui program budaya nasionalis di SMKN 1 Ponorogo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan datanya berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu Millies, Huberman dan Saldana dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) bentuk strategi kepala sekolah dalam membangun karakter cinta tanah air melalui program budaya nasionalis di SMKN 1 Ponorogo yaitu ketauladanan, pembiasaan, cerita, penguatan lingkungan, reward dan punishment. (2) Implementasi strategi dalam membangun karakter cinta tanah air melalui budaya nasionalis di SMKN 1 Ponorogo melalui mata pelajaran, pengembangan diri, dan budaya sekolah. (3) Implikasi strategi dalam membangun karakter cinta tanah air siswa melalui program budaya nasionalis di SMKN 1 Ponorogo ini bisa dilihat dari output dan outcome nya. Dilihat dari output nya bagi siswa, hasilnya adalah siswa menoreh banyak prestasi baik akademik maupun non akademik, siswa memiliki atitude dan karakter yang baik yang akan bermanfaat pada saat berada di dunia kerja nantinya. Bagi sekolah, hasilnya adalah sekolah mendapatkan tambahan input. Jika dilihat dari outcome nya semua warga SMKN 1 Ponorogo mempunyai rasa tanggung jawab, memiliki rasa empati, dan memiliki kesadaran yang tinggi untuk menaati peraturan dan norma-norma yang ada di masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Rahmi Sonia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2023 03:12
Last Modified: 16 Jun 2023 03:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24732

Actions (login required)

View Item View Item