RELEVANSI KITAB AL-JAWĀHIR AL-KALĀMIYYAH DENGAN MATERI IMAN KEPADA KITAB AL QUR’AN PADA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MTs

Hari Ahmad Setyawan, Muhammad Heriyudanta, M. Pd. I (2023) RELEVANSI KITAB AL-JAWĀHIR AL-KALĀMIYYAH DENGAN MATERI IMAN KEPADA KITAB AL QUR’AN PADA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MTs. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
SKRIPSI Hari Ahmad Setyawan 201190091 E-Thesis.pdf

Download (1MB)

Abstract

Setyawan, Hari Ahmad. 2023. Relevansi Kitab Al-Jawāhir Al-Kalāmiyyah Dengan Materi Iman Kepada Kitab Al-Qur’an Pada Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Mts. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Bapak Muhammad Heriyudhanda, M.Pd.
Kata Kunci: relevansi, Kitab Al-Jawāhir Al-Kalāmiyyah, pendidikan ketauhidan, materi akidah MTs
Pendidikan ketauhidan merupakan salah satu hal hak pokok yang harus ditanamkan dalam diri seorang muslim sejak dini. Di zaman sekarang ini banyak pemuda yang minim pengetahuan mengenai cara serta adab mereka untuk memuliakan kitab suci Al-Qur’an Dari hal tersebut muncullah permasalahan-permasalahan peserta didik yang berhubungan dengan keimanan seseorang terutama mengimani kitab suci yakni AL-Qur’an.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mengkaji apakah pembelajaran dalam kitab kuno yakni kitab Al-Jawāhir Al-Kalāmiyyah masih relevan dengan pembelajaran materi akidah akhlak iman kepada kitab Al-Qur’an. Selain itu, penelitian ini digunakan untuk menambah reverensi bagi seorang guru dalam mengajarkan materi-materi akidah akhlak mengetahui apakah isi dari kitab Al-Jawāhir Al-Kalāmiyyah masih relevan dengan materi iman kepada kitab Al-Qur’an pada pelajaran akidah akhak tingkat MTs.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian library research atau kajian Pustaka. Penggalian sumber utama yakni kitab Al-Jawāhir Al-Kalāmiyyah dan buku pelajaran akidah akhlak tingkat MTs serta buku atau karya ilmiah penunjang lainnya yang berkaitan dengan iman kepada Al-Qur’an. Setelah sumber data ditemukan, langkah selanjutnya adalah menganalisis dengan menggunakan analisis isi dari sumber-sumber yang telah didapat.
Dari hasil data dan analisis diketauhi bahwa isi dari kitab Al-Jawāhir Al-Kalāmiyyah masih relevan dengan buku pelajaran akidah akhlak tingkat MTs dari segi pengertian dan isi pembahasan antara kitab dengan buku ajar kelas VIII pada bab iman kepada kitab Allah yang berupa Al-Qur’an. Diharapkan dari penelitian ini bisa menambah wawasan mengenai iman kepada kitab Allah berupa Al-Qur’an serta bisa mengajarkan kepada siswa-siswa atau pembaca dalam menimani kitab suci Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2023 03:10
Last Modified: 06 Sep 2023 02:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24731

Actions (login required)

View Item View Item