Strategi Demonstrasi Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini di TA Al-Manaar Ngabar Siman Ponorogo

Fharadena, Chyeneza Aulia (2023) Strategi Demonstrasi Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini di TA Al-Manaar Ngabar Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
STRATEGI DEMONSTRASI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA DINI DI TA AL-MANAAR AL-ISLAMIYAH NGABAR SIMAN PONOROGO-chyeneza 205190044.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Fharadena, Chyeneza Aulia. Strategi Demonstrasi Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini Di Ta Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Yuli Salis Hijriyani, M.Pd.
Kata Kunci: Strategi Demonstrasi, Kecerdasan Naturalis, Anak Usia Dini.
Kecerdasan naturalis merupakan kemampuan anak untuk mengenali, membedakan dan mengelompokkan segala hal yang berkaitan dengan alam baik itu flora maupun fauna. Melalui kecerdasan naturalis maka dapat menanamkan sikap cinta terhadap alam, dengan adanya kecerdasan naturalis pada anak, membuat anak sejak dini peka terhadap lingkungannya yaitu flora, fauna, gunung-gunung, awan, dan lain sebagainya. Kecerdasan naturalis yang dimiliki anak usia dini di TA Al-Manaar Ngabar ini sangat bervariasi. Terdapat anak yang kecerdasan naturalisnya masih kurang berkembang maka dibutuhkan strategi untuk mengembangkan kecerdasan naturalis tersebut, sebagaimana dalam penelitian sangat penting untuk mengkaji strategi demonstrasi guru dalam mengembangkan kecerdasan naturalis.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan penerapan strategi demonstrasi yang dilakukan oleh guru di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo; (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kecerdasan naturalis anak usia dini di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo; dan (3) mendeskripsikan capaian perkembangan kecerdasan naturalis yang dilakukan oleh guru melalui strategi demonstrasi di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo.
Pendekatan pada penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis daata menggunakan konsep miles dan huberman meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penyimpulan data.
Hasil penelitian ini adalah: (1) penerapan strategi demonstrasi yang dilakukan oleh guru di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo dilakukan dengan tiga tahapan yaitu mempersiapkan bahan yang akan diajarkan, pelaksanaan pembelajaran dan penutup. (2) faktor pendukung dan faktor penghambat kecerdasan naturalis anak antara lain: ada tiga hal faktor pendukung peningkatan kecerdasan naturalis melalui strategi demonstrasi antara lain: 1). Sarana dan prasarana strategi guru dengan memfasilitasi ruang sentra bahan alam, 2). APE (Alat Permainan Edukatif) untuk meningkatkan kecerdasan naturalis, 3). Lingkungan sekitar sekolah. Sedangkan ada dua hal faktor penghambat peningkatan kecerdasan naturalis secara internal dan secara eksternal. Secara internal yaitu minat pada diri anak dan secara eksternal yaitu faktor lingkungan. (3) capaian perkembangan kecerdasan naturalis yang dilakukan oleh guru melalui strategi demonstrasi di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo menunjukkan anak berkembang sesuai harapan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuli Salis Hijriyani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2023 03:07
Last Modified: 16 Jun 2023 03:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24729

Actions (login required)

View Item View Item