Analisis Konsep Taharah Kitab Safinat Al-Najah Dalam Buku Ajar Mata Pelajaran Pai Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama Edisi 2017

Syaifudin, Hashib (2023) Analisis Konsep Taharah Kitab Safinat Al-Najah Dalam Buku Ajar Mata Pelajaran Pai Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama Edisi 2017. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI HASHIB SYAIFUDIN 210317413 FULLL A5 PERPUS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fikih adalah hasil ijtihad yang dicapai oleh seorang pakar fiqih dalam usahanya menemukan hukum Allah. Fikih adalah interpretasi terhadap hukum Syari’at. Sifat interpretasi ini adalah hipotesa sehingga fikih bisa terkait dengan situasi dan kondisi serta senantiasa dinamis seiring dengan perubahan waktu dan tempat. Mayoritas pesantren di Indonesia mengkaji kitab tentang materi fikih salah satunya adalah kitab Safinat Al-Najah karya Salim Ibn Sumair al-Hadrami. Kitab Safinat Al-Najah sampai saat ini masih eksis dipelajari di pesantren khususnya pesantren salaf. Kitab ini membahas tentang ilmu fiqih secara kerangka dasar tentang pokok-pokok ilmu fikih. Eksistensi dari Kitab Safinat Al-Najah yang sampai saat ini masih dipelajari di kalangan pesantren adalah alasan kuat peneliti untuk meneliti lebih dalam kitab tersebut.
Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Menjelaskan materi fikih dalam kitab Safinat Al-Najah karya Salim Ibn Sumair al-Hadrami 2) Menjelaskan materi fikih kelas VII SMP. 3) menjelaskan relevansi materi fikih dalam kitab Safinat Al-Najah karya Salim Ibn Sumair al-Hadrami dengan materi Fikih Sekolah Menengah Pertama kelas VII.
Pendekatan penelitian ini kualitatif jenis penelitiannya kajian Pustaka (library reseach). Teknik analisis data menggunakan analisis isi “content analysis” yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan atau tulisan, majalah, surat kabar, jurnal dan sebagainya yang relevan dengan objek pembahasan yang dimaksud.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembahasan materi fikih tingkat dasar atau kerangka pokok-pokok ilmu fikih agar mudah untuk langsung diamalkan terutama bagi anak-anak yang baru memasuki usia baligh. (2) Materi Fikih kelas VII SMP secara umum lebih terperinci dan fokus membahas masalah ibadah taharah dan sholat. Karena usia anak kelas VII SMP masih memasuki awal baligh dan amat cocok jika diajarkan materi seputar ‘ubudiyah terlebih dahulu. (3) Relevansi antara Materi Fikih dalam Kitab Safinat Al-Najah karya Salim Ibn Sumair Al-Hadrami.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sugiyar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2023 03:06
Last Modified: 16 Jun 2023 03:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24727

Actions (login required)

View Item View Item