Media visual dan Implikasinya bagi Kebiasaan Belajar Murid Kelas 1 di MIS Mamba’ul Huda Ngabar Ponorogo

Qotimah, Siti Khusnul (2023) Media visual dan Implikasinya bagi Kebiasaan Belajar Murid Kelas 1 di MIS Mamba’ul Huda Ngabar Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SITI KHUSNUL QOTIMAH_203190302_PGMII.pdf

Download (1MB)

Abstract

Qotimah, Siti Khusnul. 2023. Media Visual dan Implikasinya Bagi Kebiasaan Belajar Murid kelas 1 di MIS Mamba’ul Huda Ngabar Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama islam Negeri ponorogo. Pembimbing : Dr. Hj. Elfi Yuliani Rochmah, M.Pd.I.

Kata Kunci : media visual, kebiasaan belajar, murid kelas 1

Murid kelas 1 masih belum bisa memahami hal-hal yang bersifat abstrak, maka dari itu murid kelas 1 masih memerlukan gambaran secara visual dari penjelasan yang disampaikan guru. Gembaran secara visual dapat ditampilkan guru dalam mengajar dengan menggunakan media visual karena pada usia murid kelas 1 yaitu 7 tahun masih dalam tahap perkembangan intuitif dan akan lebih mudah memahami pembelajaran dengan melihat gambar. Dalam pembelajaran sendiri murid kelas 1 di MIS Mamba’ul Huda Ngabar Ponorogo masih ditemukan banyak yang bermain sendiri dalam mengikuti pembelajaran sehingga kelas menjadi ramai dan murid belum bisa mengikuti pembelajaran sampai akhir. Sehingga tujuan pembelajaran belum dicapai secara maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) media visual yang digunakan di kelas 1 MIS Mamba’ul Huda Ngabar Ponorogo dan (2) implikasi penggunaan media pembelajaran visual terhadap kebiasaan belajar murid kelas 1 di MIS Mamba’ul Huda Ngabar Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data Miles, Huberman dan Saldana dengan tiga aktivitas yang dilakukan secara bersamaan yaitu kondensasi data , penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ditemukan bahwa (1) Media visual yang digunakan di kelas 1 MIS Mamba’ul Huda Ngabar Ponorogo sangat bervariatif yaitu media visual gambar, peta, poster, papan visual,benda asli yang tidak dimodifikasi, dan benda asli yang telah dimodifikasi. (2) Implikasi penggunaan media visual bagi kebiasaan belajar murid kelas 1 MIS Mamba’ul Huda Ngabar Ponorogo adalah murid akan lebih mudah memahami materi yang disampaikan, mengingat materi yang telah disampaikan, meningkatkan semangat dalam belajar, dapat mengkaitkan materi dengan dunia nyata dan juga menudahkan guru dalam menjelaskan materi. Murid juga memiliki kebiasaan belajar seperti memiliki motovasi belajar, konsentrasi dalam belajar, tidak tergesa-gesa dalam belajar, mengerjakan tugas dengan baik dan mau membaca buku modul.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Elfi Yuliani Rochmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2023 03:00
Last Modified: 16 Jun 2023 03:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24725

Actions (login required)

View Item View Item