Pengaruh Dzikir Terhadap Ketenangan Jiwa Pada Lansia Di Desa Manuk Kecamatan Siman

Darojatin, Chubatu (2023) Pengaruh Dzikir Terhadap Ketenangan Jiwa Pada Lansia Di Desa Manuk Kecamatan Siman. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

This is the latest version of this item.

[img] Text
skripsi chubatu SIDANG12 - etesis watermark.pdf

Download (1MB)

Abstract

Darojatin, Chubatu. 2023. Pengaruh Dzikir Terhadap Ketenangan Jiwa Pada Lansia Di Desa Manuk. Sekripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Mohammad Rozi Indrafuddin. M.Fil.I
Kata Kunci: Pengaruh Dzikir Terhadap Ketenangan Jiwa Pada Lansia
Penelitian ini dilatar belakangi oleh munculnya individulistis, egois, dan materialis mendatangkan dampak berupa kegelisahan, kecemasan, setress, dan depresi. Melihat kenyataan seperti itu dan dengan berbagai polemik kehidupan membuat individu kehilangan arah hidup,bahkan ada yang kehilangan Tuhan nya. Sehingga banyak individu yang tidak punya tujuan hidup dan pegangan hidup. Penanaman agama dari dini akan membuat seseorang mempunyai tujuan hidup dan mempunyai Tuhan untuk berbagi segalanya. Kehidupan saat ini hanyalah kehidupan semu dan sementara kehidupan yang sesungguhnya adalah setelah kematian. Dalam mempersiapkan kematian kita harus mendekatkan diri kepada Tuhan agar kita menjadi lebih tenang dan damai.
Peneliti ini membahas tentang Pengaruh Dzikir Terhadap Ketenangan Jiwa Pada Lansia Dalam Mempersiapkan Kematian Di Desa Manuk. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah Dari uraian latar belakang di atas penulis merumuskan masalah yaitu: 1) Adakah ketenangan jiwa pada lansia di Desa Manuk Kecamatan Siman Kebupaten Ponorogo? 2) Seberapa pengaruh dzikir terhadap ketenangan jiwa lansia di Desa Manuk Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo?
Tujuan penelitian ini 1) Untuk mengetahui bagaimana ketenangan jiwa lansia di Desa Manuk Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo. 2) Untuk mengetahui pengaruh dzikir terhadap ketenangan jiwa lansia di Desa Manuk Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo.
Peneliti ini menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini mengambil populasi lansia di Desa Manuk yang berjumlah 70 orang dengan sampel 30 orang. Data dalam penelitian ini penulis menggunakan angket.data hasil angket danalisis menggunakan rumus regresi linier.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan yang sudah dipaparkan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada perbedaaan pengaruh yang signifikan antara dzikir dan ketenangan jiwa pada lansia di Desa Manuk. Hal tersebut dapat dibuktikan hipotesis yang diketahui bahwa antara fhitung dengan ftabel dimana fhitung diperoleh melalui perhitungan sebesar 11,468. Sedangkan ftabel pada taraf signifikan 5% adalah 0,144. Hasil hipotesis ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dzikir terhadap ketenangan jiwa pada lansia. Hal tersebut dipengaruhi oleh lingkungan hidup, pengalam, dan tata tertib yang dilakukan lansia di Desa Manuk.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mohammad Rozi Indrafuddin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2023 02:59
Last Modified: 16 Jun 2023 02:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24720

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item