..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Lailatul Ijtima' Sebagai Media Dakwah Di Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Kecamatan Sukorejo

Priyanto, Andi (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Lailatul Ijtima' Sebagai Media Dakwah Di Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Kecamatan Sukorejo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI ANDI PRIYANTO 211016027 KPI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Andi Priyanto. 2023. Lailatul Ijtima Sebagai Media Dakwah Di Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Kecamatan Sukorejo, Skripsi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Kayyis Fithri Ajhuri, M.A.

Kata Kunci: Penyelenggaraan, Dakwah, Lailatul Ijtima.
Pelaksanaan pengajian ini sangat penting untuk menanamkan aqidah dan akhlak yang luhur, serta untuk meningkatkan keyakinan supaya bisa beribadah dengan benar dan memperoleh ridho Allah SWT serta mendapatkan kebahagiaan dunia akhirat. Pengajian ini merupakan sarana yang tepat untuk belajar dan mendapatkan pengetahuan keislaman. Pengajian dapat dikategorikan sebagai lembaga pendidikan non-formal bila dilihat dari fungsinya yang mampu memberikan pengetahuan bagi masyarakat.
Lailatul ijtima adalah kegiatan yang diprogramkan Nahdlatul Ulama yang dilaksanakan di malam hari untuk pembinaan terhadap warganya melalui dakwah untuk menguatkan silaturahmi antar alim ulama kyai. ustadz, tokoh masyarakat. pemimpin umat dan masyarakat dari berbagai kalangan yang berpaham ahlussunah wal jamaah dengan sasaran agar masyarakat desa memahami dan menjalankan ajaran agama dan guna memahamkan ajaran-ajaran ahlussunah wal jamaah. kegiatan lailatul ijtima selama ini efektif karena lailatul ijtima program yang sangat rutin satu bulan satu kali berkeliling dari ranting ke ranting yang dilaksanakan di musholla atau masjid dan jamaahnya sangat banyak sekali. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan lailatul ijtima di MWC Nahdlatul Ulama Kecamatan Sukorejo? 2) Apa saja materi dakwah yang terdapat dalam kegiatan lailatul ijtima di MWC Nahdlatul Ulama Kecamatan Sukorejo? 3) Apa saja bentuk-bentuk dakwah yang terdapat dalam kegiatan lailatul ijtima di MWC Nahdlatul Ulama Kecamatan Sukorejo?
Dari hasil penelitian, maka penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut: 1) Pelaksanaan dakwah pada lailatul ijtima di MWC Nahdlatul Ulama Kecamatan Sukorejo merupakan kegiatan yang diprogramkan Nahdlatul Ulama yang dilaksanakan di malam hari. 2) Materi dakwah yang terdapat dalam kegiatan Lailatul Ijtima’ di MWC Nahdlatul Ulama Kecamatan Sukorejo mampu dapat menambah pengetahuan tentang Ahlussunah wal jamaah menjadikan ketaatan ibadah jama‟ah menjadikan hati tentram dan merasa lebih dekat dengan Allah. 3) Bentuk-bentuk dakwah yang terdapat dalam kegiatan lailatul ijtima di MWC NU Kecamatan Sukorejo, dakwah terbagi menjadi empat, yaitu Tabligh, Irsyad, Tadbir, Tathwir / Tamkin.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2023 02:54
Last Modified: 16 Jun 2023 02:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24715

Actions (login required)

View Item View Item