PENGARUH PERSEPSI METODE AL-BIDAYAH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING MAHASANTRI MA’HAD AL-JAMI’AH IAIN PONOROGO TAHUN AKADEMIK 2022/2023

Afifah, Elma Nur (2023) PENGARUH PERSEPSI METODE AL-BIDAYAH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING MAHASANTRI MA’HAD AL-JAMI’AH IAIN PONOROGO TAHUN AKADEMIK 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190072 ELMA NUR AFIFAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Nur Afifah, Elma. 2023. Pengaruh Persepsi Penerapan Metode Al-Bidayah Terhadap Kemampuan Membaca Kitab Kuning Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Ponorogo Tahun Akademik 2022/2023. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing. Bapak Muhammad Heriyudanta, M.Pd

Kata Kunci: Persepsi Metode Al-Bidayah, Kemampuan Membaca Kitab Kuning Mahasantri

Al-Bidayah adalah salah satu metode pembelajaran Gramatikal Bahasa Arab, yang mana metode ini merupakan hasil inovasi dari Dr. KH. Abdul Haris, M.Ag. selaku pengasuh pondok pesantren Al-Bidayah yang berada di kecamatan Kaliwates, kabupaten Jember. Metode ini disusun secara sistematis dengan tujuan memudahkan peserta didik dalam belajarnya. Dalam strategi pebelajarannya beliau memadukan antara metode tradisional dan metode modern dan menciptakan buku-buku penunjang yang di susun secara rinci, singkat, padat dan jelas. Penerapan metode ini lebih mengutamakan kualitas hafalan peserta didik dari buku Metode Al-Bidayah, karena melalui hafalan tersebut akan memberikan dampak pada kemampuan membaca berbagai kitab (Kutubut turots). Sedangkan kemampuan membaca kitab kuning mahasantri merupakan kesanggupan atau kecakapan seorang mahasantri untuk menangkap tanda-tanda baca kitab dari bentuk nahwu (tata bahasa) maupun sharfnya (perubahan kata dalam bahasa Arab) yang ditulis oleh para ulama-ulama terdahulu dengan menggunakan huruf Arab.
Adapun tujuan yang dicapai dalam pembahasan skripsi ini adalah :(1) Untuk mengetahui persepsi mahasantri tentang metode Al-Bidayah di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Ponorogo, semester gasal tahun akademik 2022/2023, (2) Untuk mengetahui kemampuan membaca kitab kuning mahasantri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Ponorogo, semester gasal tahun akademik 2022/2023, (3) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh persepsi mahasantri tentang metode Al-Bidayah terhadap kemampuan membaca kitab kuning di Ma’had IAIN Ponorogo, semester gasal tahun akademik 2022/2023.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang datanya berupa angka-angka. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan rumus statistika yaitu regresi linier sederhana. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh, yaitu sejumlah 53 sampel. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Persepsi mahasantri tentang metode Al-Bidayah di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Ponorogo dalam kategori sedang dengan presentase 71.6% (2) Kemampuan membaca kitab kuning mahasantri di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Ponorogo dalam kategori sedang dengan presentase 79.1% (3) Persespsi tentang metode Al-Bidayah memiliki pengaruh yang signifikan dengan kemampuan membaca kitab kuning mahasantri di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Ponorogo. Hal ini dibuktikan dengan uji regresi linear diperoleh hasil signifikasi 0,000 < 0,05, dengan presentase yang diperoleh sebesar 62,6%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2023 02:49
Last Modified: 16 Jun 2023 02:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24712

Actions (login required)

View Item View Item