KONSEP KEBAHAGIAAN PERSPEKTIF BUYA HAMKA DALAM KITAB TAFSIR AL-AZHAR

Hanifah, Rofiatul (2023) KONSEP KEBAHAGIAAN PERSPEKTIF BUYA HAMKA DALAM KITAB TAFSIR AL-AZHAR. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
e TESIS BAB 1-5_merged.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan arus modern membawa perubahan dunia menjadi serba cepat dan mudah. Segala hal dapat terwujud hanya dengan kendali jempol saja, sehingga zaman ini diperkirakan menjadi zaman kenikmatan dan kebahagiaan. Namun, pada realitanya banyak manusia tidak merasakan kebahagiaan itu, banyak peristiwa-peristiwa baru terjadi dan belum pernah ada pada masa modern seperti maraknya korupsi, pernikahan sesame jenis gay, seorang anak membunuh ayahnya serta peritiwa lainnya. Kata as-sa’a>dah sering digunakan dalam pemaknaan bahagia yang sifatnya dunia dan akhirat. Sebagaimana kebahagiaan duniawi bisa menjadi salah satu jalan menuju kebahagiaan ukhrawi. Berbeda halnya dengan kata fala>h (beruntung), najat (selamat), najah (berhasil).
Dalam hal ini, adapun rumusan masalah yang akan membahas yaitu: (1)Bagaimana penafsiran Buya Hamka tentang kebahagiaan menggunakandalam tafsir Al-Azhar (2) Bagaimana kontekstualisasi konsep kebahagiaan dalam tafsir Al-Azhar.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, dengan menggunakan metode interpretasi, deskripsi, dan analisis. Sumber primer dalam penelitian ini adalah tafsirAl-Azhar, sedangkan sumber sekundernya adalah artikel, jurnal, dan buku-buku yang berhubungan dengan kedua mufassir maupun karya-karya pemikir lainnya yang membahas tentang objek penelitian.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa yang telah diperoleh peneliti yaitu, (1) penafsiran Buya Hamka makna as-sa’a>dah dalam tafsir Al-Azhar kebahagiaan itu ialah ketika kita dapat mengobati hati kita, kemudian timbul keinginan menjadi lebih baik. (2) Buya Hamka membagi dua kategori yang mengantarkan manusia menuju kebahagiaan yaitu yang bersifat In Material dan Material. Kebahagiaan in material meliputi; I’tiqad, Keyakinan, Iman, dan Agama. Sedangkan kebahagiaan material meliputi; badan yang sehat, teman yang baik, membiasakan berpikir, bekerja dengan baik dan benar, Intropeksi diri dan qona>’ah. Kontekstualisasi konsep kebahagiaan Buya Hamka dapat dikaitkan dalam segala aspek kehidupan, namun penulis mengaitkannya dengan tiga aspek yaitu ekonomi, pendidikan dan politik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iswahyudi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2023 08:41
Last Modified: 15 Jun 2023 08:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24704

Actions (login required)

View Item View Item