Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Metode Pembelajaran Quick On The Draw Untuk Siswa Kelas X Pada Materi Kepemilikan (Milkiyah) Di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Kradinan Madiun

Alfarizi, Muhammad Harits (2023) Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Metode Pembelajaran Quick On The Draw Untuk Siswa Kelas X Pada Materi Kepemilikan (Milkiyah) Di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Kradinan Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190421_MUHAMMAD HARITS ALFARIZI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (905kB)

Abstract

ABSTRAK

Alfarizi, Muhammad Harits. 2023. Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Metode Pembelajaran Quick On The Draw Untuk Siswa Kelas X Pada Materi Kepemilikan (Milkiyah) Di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Kradinan Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Sugiyar, M.Pd.I

Kata Kunci: Prestasi Belajar, Quick On The Draw, Milkiyah
Dalam proses pencapaian pembelajaran, prestasi belajar sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu faktor utama yang sangat berpengaruh dalam keberhasilan pembelajaran adalah metode pembelajaran. Oleh karena itu metode pembelajaran merupakan sebagian dari faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa yang patut diperhatikan, karena dengan pemilihan metode pembelajaran yang baik dan sesuai peserta didik dengan senang tertarik terhadap pelajaran, selalu memperhatikan guru, keterlibatan siswa di kelas sangat aktif serta terpacu untuk mendapatkan nilai yang baik.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui bagaimana metode pembelajaran Quick On The Draw dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X pada materi Kepemilikan (milkiyah) di MA Miftahul Ulum Kradinan Madiun. 2) Untuk mengetahui Apakah penerapan metode pembelajaran Quick On The Draw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X pada materi Kepemilikan (milkiyah) di MA Miftahul Ulum Kradinan Madiun.
Pendekatan dan jenis pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dikembangkan oleh Stephen Kemmis dan Mc. Taggart. Dimana dalam alur pelaksanaanya peneliti terlibat langsung dalam proses sejak awal sampai dengan hasil penelitian berupa laporan, yang langkah-langkahnya meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Selanjutnya peneliti memantau, mencatat dan mengumpulkan data lalu menganalisa data serta berakhir dengan melaporkan hasil penelitian.
Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa 1) Penerapan metode Quick On The Draw secara siginifikan mampu meningkatkan aktivitas belajar peserta didik secara bertahap. Hal ini dibuktikan pada siklus I keaktifan peserta didik masuk kategori sangat baik dan baik mencapai 7 peserta didik dengan persentase sama-sama 7 %, kemudian di siklus II meningkat menjadi 8 peserta didik dengan kategori sangat baik dan 10 peserta didik dengan kategori baik yang masing-masing persentase mencapai 34% dan 43%. 2) Penerapan metode pembelajaran Quick On The Draw menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran Fikih. Hal ini di buktikan dengan persentase pada siklus I sampai dengan siklus II. Hasil dari siklus I pencapaian KKM hanya 17 peserta didik yang tuntas dengan persentase 73%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 20 peserta didik dengan persentase 87%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: SUGIYAR
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2023 08:40
Last Modified: 15 Jun 2023 08:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24703

Actions (login required)

View Item View Item