Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dalam Meningkatkan Kemampuan Memecahkan MasalahPeserta didik Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Nurul Mujtahidin Mlarak Ponorogo

Nabella, Haya (2023) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dalam Meningkatkan Kemampuan Memecahkan MasalahPeserta didik Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Nurul Mujtahidin Mlarak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201180327_HAYA NABELLA_SKRIPSI DUMMY.pdf

Download (1MB)

Abstract

Proses belajar mengajar merupakan suatu hal yang sangat penting dalam pendidikan, yang dilakukan oleh guru dan peserta didik untuk menghasilkan sebuah perubahan tingkah laku. Perubahan tersebut diartikan sebagai terjadinya peningkatan yang lebih baik dari sebelumnya. Perubahan tingkah laku peserta didik yang terjadi setelah mengikuti proses pembelajaran, hasilnya dituangkan dalam bentuk angka atau nilai yang disebut sebagai hasil belajar. Seperti yang terjadi di kelas masih banyak peserta didik yang mendapatkan nilai dibawah KKM. Hal ini disebabkan karena peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, peserta didik cenderung pasif sebagai pendengar dari ceramah guru sehingga peserta didik menjadi jenuh, peserta didik terkadang berbicara dengan teman ketika guru menjelaskan materi, sehingga hasil belajar peserta didikkurang maksimal. Dengan berorientasi dengan masalah inilah peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Melalui Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) ini dapat melatih peserta didik untuk dapat bekerja sama dan menghargai pendapat orang lain untuk aktif dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran Al-Quran Haditsdi MTs Nurul Mujtahidin Mlarak Ponorogo, (2) Mengetahui apakahpenerapan model pembelajaran Numbered Head Together(NHT) dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah Peserta didik Kelas VIII pada mata pelajaran Al-Quran Haditsdi MTs Nurul Mujtahidin Mlarak Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus. Tahapan pada penelitian ini, meliputi :1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, 4) Refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Objek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Nurul Mujtahidin Mlarak Ponorogo yang berjumlah 16 peserta didik. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif deskriptif untuk mengetahui hasil kemampuan memecahkan masalah peserta didik dan data hasil observasi menggunakan analisis kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalahpesertadidikdalampembelajaran Al-Qur’anHadits. Hal ini dapat dilihatbahwa model pembelajaran NHT mengajarkan siswa untuk menyatukan pendapat untuk mencari solusi terhadap pertanyaan guru, dimana terjadi interaksi dan saling membantu sehingga anggota kelompok memastikan bahwa setiap orang dalam kelompoknya memiliki jawabannya. Kemudianketuntasan belajar peserta didik di setiap siklusnyamengalamipeningkatan. Pada siklus I hasil observasi aktivitas peserta didik mempunyai persentase 61%, kemudian pada siklus II meningkat dengan persentase 80%. Sedangkan untuk ketuntasan belajar siswa pada siklus I pencapaian ketuntasan sebesar 31% dengan nilai rata-rata hasil tes belajar peserta didik adalah 56,31%. Pada siklus II pencapaian ketuntasan sebesar 81,25% dengan rata-rata 74,81%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2023 06:36
Last Modified: 15 Jun 2023 06:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24697

Actions (login required)

View Item View Item