Studi Analisis Materi Shalat dalam Kitab Fatḥul Qarīb Karya Syaikh Muhammad Ibn Qasim Al-Ghazi dan Relevansinya Terhadap Bahan Ajar Fikih Kelas VII Madrasah Tsanawiyah

Hikmah, Mamluatul (2023) Studi Analisis Materi Shalat dalam Kitab Fatḥul Qarīb Karya Syaikh Muhammad Ibn Qasim Al-Ghazi dan Relevansinya Terhadap Bahan Ajar Fikih Kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190145_Mamluatul Hikmah_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

Materi sholat adalah materi atau bahan yang berkaitan dengan sholat seperti tata cara sholat, syarat sah, syarat wajib, rukun dan sebagainya. Islam memberikan kewajiban shalat kepada mukhalaf untuk menjalankan shalat khususnya shalat fardhu.Pembelajaran shalat sangat penting, disamping sebagai sarana untuk melatih anak untuk melaksanakan tugas kewajiban dari Sang Khalik, shalat juga banyak manfaat dalam kehidupan rohani manusia. Salah satu persoalan yang sering dihadapi umat Islam sekarang adalah perihal ibadah seperti kurang pemahaman tentang tatacara besuci, kurang pemahaman tentang syarat sah sah, wajib, rukun shalat, dan sebagainya dengan baik.
Berdasarkan uraian di atas, maka tujuan penelitian adalah sebagai berikut:1) Untuk menjelaskan materi shalat dalam kitab Fatḥul Qarīb karya Syaikh Muhammad Ibn Qasim Al-Ghazi. 2) Untuk menjelaskan materi shalat dalam bahan ajar Fikih kelas VII Madarsah Tsanawiyah. 3) Untukmenjelaskan Relevansi materi shalat pada kitab Fatḥul Qarīb karya Syaikh Muhammad Ibn Qasim Al-Ghazi dengan bahan ajarFikih kelas VII Madarsah Tsanawiyah.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library reseach atau kualitatif literal dan pengumpulan data yang tepat pada penelitian ini adalah teknik dokumentasi yang dilakukan melalui kajian atau telaah literatur dalam menganalisis data, setelah data data terkumpul, metode yang digunakan oleh peneliti untuk menganalisis data yang diperoleh tersebut adalah “content analysis”. Hasil analisis data dijelaskan bahwa kitab Fatḥul Qarīb ini menjadi rujukan dan terdapat relevansi dengan bahan ajar fikih kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Pada bab shalat di kitab Fatḥul Qarīb ini di klasifikasikan menjadi 17 fasal dan pada bahan ajar fikih terdapat 7 bab. Hasil riset penelitian ini adalah secara umum materi shalat dalam Kitab Fatḥul Qarīb sudah relevan dalam menunjang materi shalat dalam bahan ajar fikih kelas VII Madrasah Tsanawiyah karena isi yang terdapat pada bahan ajar diambil dari kitab-kitab Syafi’iyah seperti yang terdapat pada daftar pustaka pada buku ajar fikih kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Materi pada kitab Fatḥul Qarīb sudah dijelaskan secara lengkap contoh dalam pembahasan waktu sholat lima waktu dijelaskan secara rinci seperti waktu Ashar terdapat waktu fadlilahnya, ikhtiyar, jawaz dan sebagainya. Terdapat perbedaan yang tidak dibahas dalam kitab Fatḥul Qarīb seperti shalat dalam kondisi tertentu. Pada pembahasan tersebut tidak dibahas dalam kitab Fatḥul Qarīb karena shalat dalam kondisi tertentu termasuk hasil ijtihad dan tidak dibahas pada kitab kuning klasik seperti kitab Fatḥul Qarīb

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mughniatul Ilma
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2023 06:36
Last Modified: 15 Jun 2023 06:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24695

Actions (login required)

View Item View Item