Upaya Pengembangan Karakter Religius Anak Asuh Melalui Kajian Kitab Alaalaa Di Panti Asuhan Al - Hayat Ngariboyo Magetan

Zulaikhah, Aminatun Siti (2023) Upaya Pengembangan Karakter Religius Anak Asuh Melalui Kajian Kitab Alaalaa Di Panti Asuhan Al - Hayat Ngariboyo Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI PAI AMINATUN 201180024.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan proses pembentukan karakter yang dapat mengembangkan potensi spiritual, emosionl, dan kepribadian anak. Kajian kitab Alaalaa yang memuat nilai-nilai akhlak dapat menjadi pelajaran untuk mengembangkan karakter religius anak. Alasan penelitian ini dilaksanakan di panti asuhan Al-Hayat Ngariboyo Magetan yaitu anak-anak asuh sangat membutuhkan pendidikan dan pembinaan karakter religius secara intens di lingkungan rumah. Sehingga anak dapat memperdalam pengembangan jiwa spiritual dan nilai-nilai moral keagamaan.
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mendeskripsikan tahapan pembelajaran kitab Alaalaa di panti asuhan Al – Hayat Ngariboyo. 2) Untuk mendeskripsikan dampak mengikuti kajian kitab Alaalaa pada karakter religius anak asuh panti asuhan Al – Hayat Ngariboyo. 3) Untuk mendeskripsikan faktor yang mendukung pengembangan karakter religius anak asuh panti asuhan Al – Hayat Ngariboyo.
Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yaitu reduksi menurut Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tahapan pembelajaran kitab Alaalaa di panti asuhan Al - Hayat Ngariboyo yaitu terdiri dari pertama, kegiatan awal dibuka dengan salam, presensi dan do’a lalu belajar membaca ayat Al Qur’an; kedua, kegiatan inti mengkaji kitab Alaalaa dengan penjelasan dan contoh pengamalannya oleh ustadz; dan ketiga, kegiatan penutup yaitu pemberian tugas hafalan nadhom Alaalaa dan diamalkan di kehidupan sehari-hari, serta diakhiri dengan do’a. 2) Dampak mengikuti kajian kitab Alaalaa pada karakter religius anak asuh dapat dilihat dari perkembangan yang ditunjukkan oleh sikap dan perilaku sehari-hari yang meliputi beberapa aspek diantaranya: aspek keyakinan, aspek peribadatan, aspek penghayatan, aspek pengetahuan, dan aspek pengamalan. 3) Faktor yang mendukung perkembangan karakter religius terhadap anak asuh diantaranya yaitu naluri niat belajar dan memperbaiki akhlak, kebiasaan yang diterapkan sehari-hari, dan lingkungan kerohanian panti asuhan dengan menjaga adab pergaulan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kasnun
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2023 06:35
Last Modified: 15 Jun 2023 06:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24694

Actions (login required)

View Item View Item