PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PERSEPSI BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 KASREMAN NGAWI

Ramdhani, Zhahrul (2023) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PERSEPSI BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 KASREMAN NGAWI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi Zhahrul Ramdhani 201190479.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di era revolusi industri seperti saat ini, dunia pendidikan khususnya sekolah sebagai lembaga formal sekarang di tuntut untuk memberikan kualitas pembelajaran yang bermutu dan bisa menjadi wadah siswa untuk bisa mengembangkan kecakapan, ketrampilan serta kemampuan sebagai modal untuk menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0. pendidikan harus di rancang sebaik mungkin untuk menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan kinerja yang berkualitas tinggi di lingkungan pendidikan. Selain itu juga lingkungan pendidikan juga harus bisa menjadi wadah siswa untuk meningkatkan kualitas seperti berpikir kreatif, kritis, inovatif, serta mampu untuk berfikir logis dalam melakukan segala tindakan. Kreativitas merupakan aspek yang sangat penting dan perlu di perhatikan dalam proses pendidikan, karena aspek tersebut bisa menjadi salah satu bekal siswa setelah lulus. Kreativitas meliputi banyak hal yaitu aktif dikelas, tidak ragu menyampaikan pendapat, membuat suatu karya dan lain sebagainya. Penerapan model pembelajaran yang cocok untuk pembelajaran pendidikan agama islam dan bisa memberikan stimulus kemampuan berpikir kreatif siswa pada saat kegiatan pembelajaran yaitu salah satunya dengan menggunakan pembelajaran yang berbasis proyek.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui penggunaan strategi pembelajaran project based learning berbantuan media pembelajaran di SMK Negeri 1 Kasreman Ngawi; 2) mengetahui kemampuan berfikir kreatif siswa di SMK Negeri 1 Kasreman Ngawi; 3) mengetahui pengaruh strategi pembelajaran project based learning berbantuan media pembelajaran terhadap persepsi berfikir kreatif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Kasreman Ngawi.
Penelitian ini di rancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yang datanya berupa angka-angka. Populasi dalam penelitian ini ialah semua siswa kelas XI TKJ 1 dan XI TKJ 2 SMK Negeri 1 Kasreman Ngawi, yaitu sejumlah 68 responden. Instrumen pengumpulan data yaitu dengan menggunakan angket dan dokumentasi dan analisis data yang digunakab ialah regresi linier sederhana.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) penerapan model pembelajaran project based learning berbasis media pembelajaran di SMK Negeri 1 Kasreman pada kategori sedang yaitu 72,05% yang dibuktikan dengan menganalisis angket dari 68 responden. 2) kemampuan berpikir kreatif siswa SMK Negeri 1 Kasreman pada kategori sedang yaitu 63,23% yang dibuktikan dengan menganalisis angket dari 68 responden. 3) model pembelajaran project based learning berbasis media pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa di SMK Negeri 1 Kasreman dengan prosesntase 18,3%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2023 06:35
Last Modified: 15 Jun 2023 06:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/24693

Actions (login required)

View Item View Item